x

Iklan

Christian Saputro

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Juni 2022

Jumat, 1 Maret 2024 13:44 WIB

Rendezvous, Kosmologi Perjumpaan Karya Rupa dan Estetika

Peristiwa budaya bisa terjadi di mana saja. Bisa di lapangan, pabrik, pasar, gunung atau sawah. Gelaran pameran di Over_O Bar And Kitchen ini tujuannya untuk meningkatkan apresiasi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Over_O Bar And Kitchen, Ungaran, Semarang  menginisiasi gelaran pameran lukisan bersama pelukis Kota Semarang dan Kabupaten Semarang dalam bingkai event “Over_O EXPO 2024”.

Pameran bertajuk : “Rendezvous” ini  menghadirkan 5 orang pelukis  dengan 10 karya lukisannya  yang bakal ditaja di Over_O Bar And Kitchen, Jalan Diponegoro 290, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah,  mulai  1 Maret hingga 10 Maret 2024.

Peristiwa budaya bisa terjadi di   mana saja, tak hanya  di Gedung Kesenian, Gallery, Gedung Teater, Art Space, tetapi bisa saja berlangsung di Lapangan, Pabrik, Pasar, Gunung dan  Sawah.  Bahkan bisa juga bisa  terjadi  di Bar dan Restoran seperti  yang sedang berlangsung saat ini. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

https://www.indonesiana.id/admin/foto#

Karya seni itu universal bisa dibuat oleh siapa pun dan juga bisa dinikmati oleh siapa pun. Gelaran pameran di Over_O Bar And Kitchen ini tujuannya untuk meningkatkan apresiasi, mengedukasi, mendekatkan pelukis dan karya lukisannya  kepada apresian  yang lebih luas.

Disigi muasalnya kata Rendezvous sendiri berasal dari bahasa Perancis yang artinya “pertemuan” atawa “perjumpaan”.  Sedangkan secara etimologi frasa “rendez” “vous” punya makna “presentasikan dirimu” yang secara bebas bisa dimaknai dengan “tunjukkan karyamu” alias pamerkan kreasimu. 

Dalam konteks ini Rendezvous juga mengusung makna sebuah perjumpaan seniman (pelukis), karya, estetika, apresian, atau siapa pun yang bisa hadir bertemu dan berdialog tentang karya lukisan dalam helat Over_O Expo 2024.

https://www.indonesiana.id/admin/foto#

Pasalnya, selama ini kata rendezvous tidak memiliki kekuatan makna. Namun, kali ini kata rendezvous  dimaknai dengan arti yang lebih dalam. Rendezvous berperan sebagai kontrol. Maka tajuk rendezvous dalam pameran ini adalah kontrol dari pertemuan yang tak terduga karena penggiat maupun pecinta seni tidak terbatas pada siapa pun.

Lukisan- lukisan  karya pelukis  Giovanni Susanto, Heriwanto, Mona Palma,  Ratna Sawitri dan Yoyok Barokalloh yang dipajang dalam pameran ini beragam tak merujuk hanya pada corak,  aliran dan dan mengusung media tertentu.

Pelukis dengan latar belakang yang juga berbeda ini dipertemukan dalam helat pameran “Rendezvous”. Bukan kebetulan kalau mereka bersekutu tetapi memang para pelukis ini bersepakat untuk bersilaturahmi, kolaborasi, bersama-sama menggelar karya lukisannya.

https://www.indonesiana.id/admin/foto#

Perjumpaan ini menjadi penting bagi para pelukisnya menjadikan pertemuan ini ruang diaog estetika. Pertemuan ini selain menjadi medan sosial juga menjadi ajang saling belajar dan menyerap untuk memperkaya bahasa visualnya. Diharapkan pada gilirannya nanti masing-masing pekarya memiliki ikon karya fine art yang berkarakter.

Perjumpaan ini sekaligus juga merupakan dukungan dalam upaya membangun ekosistem dunia seni rupa Indonesia khususnya di kabupaten Semarang.

https://www.indonesiana.id/admin/foto#

Pada gelaran Over_O Expo 2024 Exhibition of Painting  “Rendezvous” ini setiap pelukis memajang 2 buah karyanya. Pameran yang dibuka Jumat 1 Maret 2024 ini akan berlangsung hingga 10 Maret 2024.

Rendezvous –sebuah kosmologi perjumpaan karya rupa dan estetika---  ini diharapkan bisa menjadi wahana bersama yang  bisa menjadi pemantik semangat kreativitas para pelukis bermuara pada  medan kesuksesan.  

https://www.indonesiana.id/admin/foto#

Selamat berpameran, merayakan dan memakmurkan jagad  seni rupa Indonesia dengan karya-karya rupa yang indah dan berkarakter.  Tabik !.

Semarang, 27 Februari 2024

Christian Heru Cahyo Saputro, Jurnalis dan Pengamat Seni Rupa tinggal di Semarang.

(Tulisan ini dimuat katalog pameran bersama Rendezvous yang ditaja di Over_O Bar And Kitchen, Ungaran, Semarang, dari 1 - 10 Maret 2024)

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Christian Saputro lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler