x

KPCDI. GambarL Istimewa

Iklan

Sandyawan Sumardi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 15 Maret 2024 16:24 WIB

Sembilan Tahun Perjalanan Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia

Semoga semakin hari semakin banyak sesama  manusia Indonesia yang mendengarkan suara panggilan Tuhan di dalam lubuk neraninya untuk terlibat membantu para pasien gagal ginjal kronik di tanah air.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Hari ini, 15 Maret 2024,  Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI) merayakan hari jadinya yang ke-9. Hari ulang tahun KPCDI ke-9 ini bertepatan dengan  peringatan global Hari Ginjal Sedunia, yang mengangkat tema Ginjal Sehat untuk Semua: Meningkatkan Pemerataan Akses Pelayanan dan Praktik Pengobatan yang Optimal.

Struggling, Solidarity, Compassion

Dalam kurun 9 tahun KPCDI telah berjuang untuk  tumbuh dan berkembang guna  benar-benar  menjadi komunitas kemanusiaan dengan prinsip struggling, solidarity, compassion!
 
Struggling, Berjuang (untuk hidup, kehidupan  sampai titik darah terakhir).
 
Solidarity, solidaritas (solidaritas  dan tanggungjawab kemanusiaan bersama kita semua,  sesama manusia Indonesia).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 Compassion atau kasih sayang,  (ikut menderita bersama, saling berbagi kasih sayang, kasih sayang Tuhan sebagai nyala api dan  motivasi utama perjuangan KPCDI ).

Compassion

Kata Compassion  berasal dari kata latin pati dan cum, yang jika digabungkan berarti “menderita bersama”. 

Compassion (dalam bahasa Indonesia sering diterjemahkan "belas kasih" atau  "welas asih"), meminta kita untuk pergi ke tempat yang menyakitkan, masuk ke tempat-tempat yang gelap gulita, untuk berbagi dalam kehancuran, ketakutan, kebingungan, dan kepedihan. 

Compassion menantang kita untuk menangis bersama mereka yang menangis, berduka bersama mereka yang kesepian..

Compassion  menuntut kita untuk siaga  menjadi lemah, rapuh,  rentan terhadap mereka yang  lemah, rapuh, rentan, dan mengalami  ketidakberdayaan bersama dengan mereka yang tidak berdaya. 

Compassion berarti terlibat penuh dalam kondisi menjadi manusia. 

Compassion atau belas kasih  adalah respon emosional, panggilan  yang penuh empati terhadap rasa sakit atau penderitaan orang lain yang menggerakkan seseorang untuk bertindak dengan cara yang akan meringankan kondisi orang tersebut atau membuat beban deritanya  lebih tertahankan.

Panggilan Kemanusiaan  

Semoga semakin hari semakin banyak sesama  manusia Indonesia yang mendengarkan suara panggilan Tuhan di dalam lubuk neraninya untuk terlibat membantu para pasien gagal ginjal kronik di tanah air.

Semoga Hari Ulang Tahun KPCDI ke-9 ini menyentak pihak pemerintah kita untuk lebih total dalam mewujudnyatakan tanggungjawab moral kemanusiaanya: 
"Ginjal Sehat untuk Semua: Meningkatkan Pemerataan Akses Pelayanan dan Praktik Pengobatan yang Optimal".

Semoga KPCDI terus menjadi organisasi yang berdampak dan bermanfaat untuk para penyandang gagal ginjal dan untuk Indonesia yang lebih bermartabat!

Hidup KPCDI..!
#HUTKPCDI #9TahunKPCDI

Leiden, 15 Maret 2024

Ikuti tulisan menarik Sandyawan Sumardi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler