x

Iklan

Farhan Ali

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Maret 2024

Selasa, 19 Maret 2024 14:29 WIB

Mahasiswa UMM Penyuluhan Kesehatan Anak kepada Orang Tua Murid TKQ Ar-Tamiriyah, Kota Malang


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang melakukan penyuluhan terkait masalah kesehatan anak kepada orang tua/wali murid di TKQ At Ta'miriyah  yang beralamat di Jalan Ir. Juanda No.25, Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Kelompok Mahasiswa ini tergabung dalam kelompok 65 golongan 3 Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dengan nama dosen pembimbing Bapak Fitrian Aprilianto, S.E.,M.E. dan koordinator kelompok atas nama Muhammad Wahyu Nurhadi NIM 202210330311030.

Kegiatan ini diikuti oleh orang tua/wali murid TKQ dari kelas A dan B dengan jumlah kurang lebih 34 orang tua/wali murid. Kegiatan Pengabdian Masyarakatoleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan


Tujuan dilakukan kegiatan ini adalah untuk mengajak orang tua agar lebih menyadari masalah kesehatan yang dapat terjadi pada anak . Masalah kesehatan pada anak dapat bervariasi mulai dari infeksi umum hingga kondisi kronis atau serius. Masalah kesehatan ini cenderung timbul karena pola kehidupan anak yang tidak teratur, mulai dari makanan hingga kebersihan. Anak-anak dengan rentan umur 4-7 tahun cenderung beraktivitas bebas tanpa menjaga kebersihan. Hal ini menjadi pemicu timbulnya keluhan yang menjadi tanda adanya masalah kesehatan.

Kegiatan ini meliputi pemberian materi tentang masalah kesehatan yang sering dialami anak-anak, mulai dari pengertian, faktor penyebab, tanda dan gejala hingga pencegahan yang perlu dilakukan. Selama pemberian materi diharapkan guru dan orang tua lebih waspada dalam tumbuh kembang si kecil serta melakukan pencegahan-pencegahan agar tidak mengalami masalah kesehatan serupa.  Contoh masalah kesehatan yang sering dialami anak-anak seperti Scabies, Diare, dan Helminthiasis.

Diharapkan dari kegiatan ini dapat bermanfaat bagi  guru dan orang tua murid untuk membantu meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mengenai masalah kesehatan yang dapat terjadi pada anak sehingga bisa lebih dini mencegah dan menghindari kemungkinan resiko anak terkena maslah kesehatan tersebut

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Farhan Ali lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler