x

Membaca perlu dibudayakan di sekolah

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Selasa, 19 Maret 2024 17:39 WIB

Agar Anak Gemar Membaca

Kecintaan membaca membuka pintu menuju petualangan, mempelajari hal-hal baru, dan berbagai keterampilan bahasa utama. Menghabiskan waktu dengan buku juga menciptakan momen spesial bagi Anda untuk menjalin ikatan dengan ananda.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Membacakan buku untuk bayi Anda yang baru lahir membantu memberikan awal yang terbaik dalam hidupnya. Bayi belajar bahasa dari orang dewasa yang mengulang dan membacakan kata-kata untuk mereka. Ketika Anda membacakan untuk si kecil, bicarakan tentang karakter dan benda-benda di dalam buku atau suara-suara yang dikeluarkan binatang.

Mendengar suara Anda akan membantu memberi makna pada huruf dan gambar yang mereka lihat. Saat Anda membaca, variasikan tinggi rendahnya nada suara Anda dan cobalah aksen atau suara yang berbeda untuk karakter yang berbeda. Hal ini akan membantu anak Anda tetap terlibat dan membuat cerita melompat dari halaman!

Ingatlah, anak-anak belajar mencintai buku jauh sebelum mereka belajar membaca. Menghabiskan waktu dengan buku bersama sekarang akan membantu anak-anak tumbuh untuk lebih menikmatinya seiring bertambahnya usia mereka.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mencontohkan seperti apa seorang pembaca yang baik

Penting bagi anak-anak untuk melihat membaca sebagai sesuatu yang menyenangkan dan menyenangkan untuk dilakukan, bukan sebagai tugas yang sulit. Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengajarkan hal ini selain dengan menunjukkan kepada mereka cara membacanya sendiri! Jika anak-anak Anda sering melihat Anda membaca, kemungkinan besar mereka akan terdorong untuk melakukannya. Hal ini juga akan membantu mendorong mereka untuk menjauh dari layar.

Jika Anda sudah lama tidak membaca, pemilik toko buku dan pustakawan setempat dapat menjadi pemandu yang baik untuk memilih buku-buku terbaik untuk Anda dan anak Anda. Keluarga dan teman juga merupakan sumber yang bagus! Tanyakan tentang buku-buku favorit anak-anak mereka dan pengalaman mereka membaca bersama. Anda bahkan dapat membawa si kecil bersama Anda dan menjadikannya perjalanan khusus untuk memilih buku bersama.

Bergantian

Seiring bertambahnya usia anak Anda, bergantianlah membaca dengan suara keras satu sama lain. Jika Anda memiliki anak yang sudah bisa membaca sejak dini, hal ini dapat dilakukan dengan meminta anak Anda menunjukkan huruf dan kata yang mereka kenali. Selanjutnya, bergantian membaca kalimat.

Seiring dengan meningkatnya kemampuan mereka, Anda dapat bergiliran membaca halaman dan akhirnya bab. Saat Anda membaca bersama, ajukan pertanyaan tentang apa yang Anda baca: "Menurutmu, apa yang akan terjadi selanjutnya? Menurutmu, mengapa tokoh dalam cerita yang dibaca  melakukan itu?"

Waktu yang Anda habiskan untuk membaca dengan suara keras satu sama lain akan membantu membangun kepercayaan diri dalam berbicara dengan suara keras dan akan memperkuat apa yang telah dipelajari anak Anda.

Dengarkan anak Anda

Seiring pertumbuhan si kecil, perhatikan minat mereka. Jika mereka sangat tertarik pada topik tertentu, seperti dinosaurus, cobalah untuk menemukan buku anak-anak tentang topik tersebut. Hal ini akan membantu memperkuat bahwa buku adalah alat untuk belajar lebih banyak tentang hal-hal yang kita pedulikan dan mereka akan lebih cenderung membaca jika subjeknya adalah dino favorit mereka!

Jangan khawatir jika anak-anak Anda belum membaca buku-buku terbaik saat ini, misalnya. Sebab, hal yang terpenting adalah mereka membaca. Jika mereka hanya membaca komik saat ini, tidak apa-apa. Komik dan novel grafis masih merupakan kesempatan untuk membaca! Anda bisa mendorong mereka dengan bahan bacaan lain, tapi tidak perlu memaksakan diri jika mereka belum bisa menerimanya.

Jadikan membaca sebuah rutinitas

Jadikan membaca sebagai bagian yang menyenangkan dalam kehidupan anak Anda dimulai dengan memasukkan buku ke dalam rutinitas sehari-hari. Ciptakan waktu khusus untuk membaca sebelum tidur atau saat naik transportasi umum. Saat Anda sedang bersama, pastikan untuk membatasi gangguan seperti ponsel dan televisi. Waktu Anda haruslah hanya untuk satu sama lain!

Bagian dari belajar untuk menikmati membaca adalah dengan berada di sekitar buku-buku di rumah. Jika memungkinkan, cobalah memulai koleksi buku untuk anak-anak Anda. Tidak perlu banyak; yang kecil saja sudah cukup.

Jika ada di dekat Anda, tanyakan pada perpustakaan setempat untuk mendapatkan informasi tentang program waktu bercerita. Pertemuan-pertemuan ini dapat menjadi cara yang bagus bagi anak untuk menikmati buku sambil bersosialisasi dengan anak-anak lain. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memulai klub buku mini dengan teman-teman dan anak-anak mereka.

Pencapaian membaca

Dilansir dari laman unicef.org, meskipun setiap anak berbeda, berikut ini adalah beberapa pencapaian yang dapat Anda amati seiring dengan perkembangan kemampuan membaca anak Anda:

Usai sejak lahir - 18 bulan

  1. Memahami beberapa frasa sederhana
  2. Melihat buku dan mencoba membalik halaman
  3. Meniru ucapan
  4. Sekitar 1 tahun dapat mengucapkan satu kata atau lebih

Usia 18 bulan - 3 tahun

  1. Dapat mengucapkan 250 - 350 kata pada usia sekitar 2 tahun dan 800 - 1.000 kata pada usia sekitar 3 tahun
  2. Senang mendengarkan buku yang sudah dikenalnya
  3. Mengucapkan frasa yang diulang-ulang dari buku favorit
  4. Menirukan suara orang dewasa yang berbicara
  5. Meminta untuk dibacakan buku

3 - 5 tahun

  1. Mengenali huruf-huruf yang sudah dikenal dan mencoba menulisnya
  2. Memegang buku dengan benar dan membalik halamannya
  3. Mengidentifikasi kata-kata yang berima
  4. Menggunakan kalimat dengan nyaman
  5. Belajar dari buku yang dibacakan dengan keras ***

 

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler