x

Iklan

Farhan Ali

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Maret 2024

Kamis, 21 Maret 2024 07:36 WIB

Mahasiswa UMM Melakukan Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat di TKQ At-Tamiriyah, Kota Malang


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan sosisalisasi pola hidup bersih dan sehat (PHBS) di TKQ At Ta'miriyah  yang beralamat di Jalan Ir. Juanda No.25, Jodipan Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Kelompok Mahasiswa ini tergabung dalam Kelompok 65 Golongan 3 Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dengan dosen pembimbing Bapak Fitrian Aprilianto, S.E.,M.E. dan koordinator kelompok atas nama Muhammad Wahyu Nurhadi NIM 202210330311030.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh murid TKQ dari kelas A dan B dengan jumlah kurang lebih 47 murid. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Tujuan dilakukan kegiatan ini adalah untuk mencegah terjadi masalah kesehatan pada anak . Masalah kesehatan pada anak dapat bervariasi mulai dari infeksi umum hingga kondisi kronis atau serius. Masalah kesehatan ini cenderung timbul karena pola kehidupan anak yang tidak teratur, mulai dari makanan hingga kebersihan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Anak-anak dengan rentan umur 4-7 tahun cenderung beraktivitas bebas tanpa menjaga kebersihan. Hal ini menjadi pemicu timbulnya keluhan yang menjadi tanda adanya masalah kesehatan.

 

                                                                              Dokpri

 

Kemudian selain pemberian materi, dilakukan juga latihan praktik cuci tangan yang baik dan benar bagi siswa-siswi TKQ At-Ta'miriyah. Cuci tangan merupakan hal dasar yang sangat penting dalam pencegahan timbulnya masalah kesehatan. Bagi anak-anak aktivitas fisik seperti hal nya bermain tanpa memperhatikan kebersihan adalah sesuatu yang sering dilakukan, kemudian sering kali anak-anak cenderung makan atau pun minum dalam kondisi tidak bersih. Oleh karena itu Mahasiswa PMM kelompok 65 membantu mengajarkan cara cuci tangan 6 langkah kepada siswa-siswi tersebut. 

 

Diharapkan dari kegiatan ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi dan guru  untuk membantu meningkatkan kesadran dan pengetahuan mengenai pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat. 

 

 

Ikuti tulisan menarik Farhan Ali lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler