x

Ilustrasi pikiran foto: Shutterstock

Iklan

Nila Prihartanti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 April 2024

Selasa, 2 April 2024 14:30 WIB

Menilik Kajian Analisis Wacana Tekstual dan Kontekstual pada Abad 21

Analisis wacana tekstual dan kontekstual dapat membantu dalam memahami bagaimana media sosial memengaruhi pembentukan opini publik.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Analisis wacana tekstual dan kontekstual sangat penting dipahami pada abad 21 ini. Analisis wacana tekstual dan kontekstual dapat membantu dalam memahami bagaimana media sosial memengaruhi pembentukan opini publik. Dengan memahami bagaimana teks-teks dihasilkan dan digunakan dalam konteks tertentu, kita dapat memahami bagaimana opini publik dibentuk dan dipersebar.

Selain itu, analisis wacana tekstual dan kontekstual dapat membantu dalam memahami bagaimana teknologi informasi memengaruhi perubahan bahasa dan komunikasi. Dengan memahami bagaimana teks-teks digital mempengaruhi pembentukan dan penyebaran makna, kita dapat memahami bagaimana teknologi informasi memengaruhi bagaimana kita berkomunikasi

Analisis wacana tekstual merupakan pendekatan analisis yang digunakan untuk memahami dan menganalisis teks secara menyeluruh, dengan fokus pada struktur, konten, dan makna yang terdapat dalam teks tersebut. Sedangkan analisis wacana kontekstual berfokus pada pemahaman dan budaya, politik, dan sejarah di mana teks tersebut dihasilkan dan digunakan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam hal ini, kajian analisis lebih terfokus pada pemahaman kita terhadap media untuk berkomunikasi. Analisis dapat digunakan untuk memahami bagaimana media sosial, misalnya, memengaruhi pembentukan opini publik, bagaimana politik diartikulasikan dalam ruang publik, dan bagaimana identitas budaya dipertahankan atau diubah melalui bahasa.

Kajiannya tidak hanya memberikan wawasan mendalam tentang bahasa dan teks tetapi juga membuka jendela untuk memahami dinamika sosial, politik, dan budaya yang terjadi di sekitar kita.

Analisis wacana tekstual dan kontekstual dapat digunakan dalam berbagai bidang, seperti dalam pengajaran bahasa, pengajaran senidrama, dan promosi kreativitas dan komunikasi. Dengan menggunakan pengetahuan dari analisis wacana, baik secara tekstual maupun kontekstual, siswa dapat memahami makna dalam teks, memperdalam pengetahuan mereka tentang buku-buku baru, dan meningkatkan kemampuan mereka untuk mengekspresikan ide dan gagasannya dalam pernyataan tekstual.

Penulis: Nila Prihartanti dan Dr. Muhammad Rohmadi

Ikuti tulisan menarik Nila Prihartanti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler