x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Minggu, 7 April 2024 06:58 WIB

Hebat, Anak-anak Taman Bacaan di Bogor Tuntaskan Khataman ke-4 Selama Ramadan

Anak-anak pembaca aktif tama bacaan di Bogor tuntaskan khataman ke-4 selama ramadan dan berbagi takjil menutup Ngabubu Read di TBM

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Anak-anak pembaca aktif dan orang tua yang tergabung di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor menuntaskan khataman ke-4 setiap Sabtu selama Ramadan, plus berbagi takjil di jalanan (6/4/2024). Dihadiri 60-an anak pembaca aktif, TBM Lentera Pustaka sekaligus menutup aktivitas “Ngabubu Read Ramadan Ceria” selama bulan puasa. Acara khataman ke-4 dipimpin langsung Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka, sedangkan doa bersama dipimpin Danang dan Evan (anak pembaca aktif). Setelah khataman, anak-anak pun membagikann takjil sebagai makanan berbuka puasa ke para pengguna jajan di dekat taman bacaan.

Selama bulan ramadan, anak-anak TBM Lentera Pustaka membagi porsi membaca buku umum dan tadarusan, sesuai kelompoknya. Satu kelompok menyelesaikan 1 juz selama 3 hari seminggu. Dan setiap Sabtu melakukan khataman Al Quran. Itu berarti, selama ramadan, anak-anak TBM Lentera Pustaka secara “keroyokan” menuntaskan khataman 4 kali sepanjang bulan ramadan. Selain untuk membaca kitab sucinya, kegiatan “ngabubu read” juga untuk membentuk akhlak dan adab anak-anak pembaca aktif.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bahkan hebatnya, para ibu yang mengantar anaknya ke taman bavaan pun ikut khataman alias membantu bacaan si anak. Sebuah tradisi literasi yang inklusif terjadi di taman bacaan, yang tidak hanya anak-anak tapi melibatkan para ibu. Sambil pamit pulang, anak-anak dan para ibu pun bersalaman dengan wali baca dan relawan. Sebagai cara sederhana untuk melebur dosa dan kesalahan jelang lebaran. Menyambut lebaran, TBM Lentera Pustaka pun libur dan aktivitas taman bacaan baru dimulai lagi pada 21 April 2024.

 

“Alhamdulillah, keluarga besar TBM Lentera Pustaka telah tuntaskan 4 kali khataman selama ramadhan.  Sakat mal yang disalurkan pun lebih dari Rp. 20 juta. Selain terus memelihara praktik baik di taman bacaan, semoga semuanya mendapat berkah melimpah setelah ramadan ini. Sekaligus TMB Lentera Pustaka menyampaikan selamat idul fitri, mohon maaf lahir batin” ujar Syarifudin Yunus di TBM Lentera Pustaka hari ini.

 

Sambil berjalan pulang ke rumahnya, anak-anak TBM Lentera Pustaka tampak sumringah sepulang dari taman bacaan. Semoga budaya membaca buku selalu melekat hingga dewasa nanti. Untuk mewujudkan generasi muda dan Masyarakat yang lebih literast. Salam literasi #NgabubuRead #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB