x

Iklan

Yudha Adyaksa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Maret 2024

Jumat, 12 April 2024 05:56 WIB

Bosan Hidup Medioker? Dengan Tujuh Kebiasaan Ini Anda Jadi Juara

Bosan hidup biasa aja? Pengen hidup yang lebih gokil dan bermakna?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam merilis "The Seven Habits of Highly Effective People," Stephen Covey membuka mata banyak orang terhadap kesempatan untuk menjalani hidup dengan lebih baik. Buku ini bukan hanya sekadar panduan, melainkan sebuah pendidikan tentang bagaimana memandang dan mengelola hidup secara efektif. “Untuk mengubah diri kita secara efektif, pertama-tama kita harus mengubah persepsi kita,” kata Covey.

Kebiasaan pertama, mengambil inisiatif, mengajarkan kita untuk menjadi proaktif. Artinya, kita harus bertindak sesuai kemampuan kita dan menerima apa yang tidak bisa kita ubah atau kendalikan. Selanjutnya, bayangkan kehidupan yang Anda Inginkan, memungkinkan kita untuk tetap fokus pada tujuan dengan membayangkan kehidupan yang ingin dicapai secara spesifik dan menantang.

Prioritaskan yang penting daripada yang mendesak, kebiasaan ketiga, mengajarkan kita untuk memprioritaskan waktu dan tindakan kita sesuai dengan misi pribadi. Keputusan kita setiap hari dapat berdampak besar pada arah kehidupan kita. Kemudian, cari keuntungan bersama, membawa kita pada pola pikir "Win/Win" dalam menyelesaikan masalah atau bernegosiasi dengan orang lain.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selanjutnya, dengar dan mengerti orang lain terlebih dahulu mengajarkan kita untuk berempati dan memahami perspektif orang lain sebelum meminta mereka memahami kita. Berkolaborasi untuk membuat kemungkinan, kebiasaan keenam, mengajarkan bahwa dengan bekerja sama, kita dapat mencapai lebih banyak daripada yang bisa kita capai sendiri.

Terakhir, Lakukan pembaharuan diri, mengingatkan kita untuk tetap sehat dan menjalani kebiasaan sebelumnya tanpa mempengaruhi kesehatan mental dan fisik kita.

Kebiasaan ini tidak hanya penting untuk diterapkan dalam jangka waktu tertentu, melainkan untuk selamanya. Membuat kebiasaan yang bisa dijalankan dan memprioritaskan yang penting adalah kunci utamanya. Tujuan dari semua kebiasaan ini adalah membuat kita menjadi lebih efektif, sehingga kita dapat mencapai hal-hal yang paling penting dalam hidup.

Menjadi proaktif adalah langkah awal untuk memulai kebiasaan baru. Dengan menjadi proaktif, kita merasa lebih bersemangat dan memiliki kontrol atas pikiran dan tindakan kita. Selanjutnya, memvisualisasikan apa yang ingin kita capai dan mengapa hal itu penting bagi kita akan menjadi motivasi utama dalam mencapai tujuan.

Dengan demikian, untuk menjadikan hidup lebih bermakna, mari kita terus meningkatkan literasi kita dan mengambil peran aktif dalam setiap momen. Literasi tidak hanya tentang membaca dan menulis, tetapi juga tentang memahami dan mengaplikasikan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan meningkatkan literasi kita, kita dapat lebih efektif dalam menerapkan prinsip-prinsip dari "The Seven Habits of Highly Effective People" dalam hidup kita dan membuat setiap momen menjadi berarti.

Yudha Adyaksa
+62 822 8000 1318
yudha.adyaksa@gmail.com

Ikuti tulisan menarik Yudha Adyaksa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terkini