x

Iklan

Yudha Adyaksa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Maret 2024

Minggu, 14 April 2024 20:27 WIB

Yuk, Jadi Pemimpin Organisasi Kekinian dengan Memahami Evolusi Peran Manajemen

Penasaran gimana cara kerja manajemen jaman dulu dan sekarang? Yuk, simak selengkapnya!

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Peran manajemen telah menjadi bagian integral dalam perkembangan industri sejak munculnya produksi massal pada abad ke-18. Seiring dengan berjalannya waktu, peran manajemen terus berkembang sejalan dengan perubahan teknologi, ekspektasi karyawan, demografi, dan politik global.

Pada awalnya, konsep pembagian kerja diperkenalkan oleh ekonom Adam Smith pada abad ke-18. Pembagian kerja ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dengan mengatur tenaga kerja berdasarkan tugas-tugas tertentu. Ketika industri semakin kompleks pada abad ke-19, fokus manajemen beralih pada upaya untuk meminimalkan penggunaan tenaga kerja, standarisasi proses, dan mempersingkat waktu produksi.

Perkembangan manajemen semakin pesat pada pertengahan abad ke-20, di mana bidang studi baru seperti psikologi, statistik, dan ergonomi digabungkan ke dalam teori manajemen. Psikologi diterapkan untuk memahami perilaku kerja, statistik digunakan untuk menganalisis proses, sedangkan ergonomi diterapkan untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan efisien. Pada masa ini, Jepang juga menjadi pelopor dalam menerapkan praktik manajemen baru, seperti produksi ramping dan partisipasi pekerja, yang kemudian diadopsi secara luas di seluruh dunia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Abad ke-21 menjadi era perubahan yang cepat, terutama dengan munculnya teknologi baru yang terus mengubah pasar yang ada. Manajemen saat ini lebih menekankan pada partisipasi karyawan, pembangunan tim, dan jaringan, bukan lagi hanya tentang garis komando dan otoritas. Ini membawa tantangan sekaligus peluang bagi para manajer, yang harus mampu beradaptasi dengan perubahan agar dapat memimpin tim secara efektif.

Tantangan yang dihadapi organisasi saat ini mencakup pergeseran ekspektasi anggota, perubahan demografi, dan dinamika politik global. Dalam menghadapi tantangan ini, ada beberapa saran yang bisa diberikan, baik untuk individu maupun organisasi.

Bagi individu, penting untuk mengembangkan soft skills seperti komunikasi, kolaborasi, kepemimpinan, dan kreativitas. Ini akan membantu mereka untuk tetap relevan dan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang berubah-ubah. Sedangkan bagi organisasi, penting untuk mendorong budaya belajar dan inovasi, serta menjadi fleksibel dan adaptif terhadap perubahan. Membangun jaringan internal dan eksternal juga penting untuk bertukar informasi dan peluang, sementara pemanfaatan teknologi dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, baik individu maupun organisasi dapat mengatasi tantangan yang dihadapi dan mencapai kesuksesan dalam lingkungan kerja yang dinamis dan berubah-ubah. Oleh karena itu, mari terus belajar, beradaptasi, dan mengambil peran aktif dalam memajukan masyarakat dan dunia kerja.

Yudha Adyaksa
http://s.id/WebsiteKakYudha

Ikuti tulisan menarik Yudha Adyaksa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler