x

Seni Instalasi karya Josefa Ntjam

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Kamis, 18 April 2024 14:33 WIB

Dunia Akuatik Bertemu dengan Dunia Galaksi dalam Mitologi Menawan Karya Josèfa Ntjam

Karya psikedelik yang memukau dari sang seniman tentang sains dan fiksi ilmiah memulai debutnya di Venice Biennale.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Venesia, dengan pulau-pulau yang saling terhubung oleh kanal-kanal, begitu unik, begitu memukau, dan, selama Biennale berlangsung, begitu ramai, sehingga terasa seperti dunia tersendiri. Namun, saat memasuki gelombang spæc(i)es karya Josèfa Ntjam, pelancong yang lelah dengan karya seni akan merasakan semua rasa waktu dan tempat melebur saat mereka diteleportasi menuju galaksi yang belum dijelajahi dan kedalaman lautan yang tak terlihat.

Paviliun besar yang dibangun khusus di halaman Accademia di Belle Arti seperti kepompong yang membius, penuh dengan sofa abu-abu yang empuk dan bergunung-gunung.

Berbicara dengan seniman Prancis ini selama pameran instalasi terasa seperti masuk ke dalam kondisi trance, begitu lancarnya percakapannya berpindah-pindah dari satu alam ke alam lain yang membingungkan. Daftar tugas hari itu mulai terasa agak sepele setelah ceritanya membuat pikiran berputar-putar di antara pengungkapan yang menakjubkan tentang kehidupan purba hingga teka-teki terbesar: luar angkasa.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Ini adalah salah satu permainan favorit saya," katanya sambil tersenyum.

Lahir pada tahun 1992 di Metz dari seorang ibu Prancis-Jerman dan ayah Kamerun, Ntjam dibesarkan di pinggiran kota Paris. Orang tuanya berusaha keras untuk menumbuhkan suasana kreatif, mengadakan kelas seni seadanya di museum lokal dan membawa Ntjam untuk melihat pertunjukan teater. Dia mulai bermain klarinet pada usia 6 tahun, dan akhirnya bersekolah di sekolah menengah atas yang separuh harinya dihabiskan di konservatori musik.

Beberapa tahun kemudian, Ntjam mampu menggabungkan berbagai bakat kreatifnya berkat kurikulum multidisiplin yang tidak terbatas di sekolah seni ENSA Bourges, tempat ia menyelesaikan gelar masternya.

"Itu adalah salah satu sekolah dengan peralatan audio dan video paling lengkap di Prancis, jadi saya sangat senang berada di sana," kenangnya. Karya fotografi dan patung Ntjam semakin terfokus secara konseptual selama satu tahun di Dakar, Senegal, tempat sebagian besar kelasnya mempelajari teori budaya dan politik.

Universitas ini dinamai sesuai dengan nama cendekiawan terkemuka Senegal, Cheikh Anta Diop, yang mengusulkan bahwa Mesir kuno telah dikooptasi oleh Barat, yang dengan sengaja tidak mengakui bahwa peradaban awal telah dihuni oleh orang-orang kulit hitam sub-Sahara. Diop percaya bahwa Afrika harus merebut kembali warisan yang sah dan ide-ide ini mendorong Ntjam untuk menginterogasi koleksi museum Eropa. Mengapa mereka selalu memisahkan artefak Afrika dan Mesir kuno ke dalam departemen yang berbeda?

                                                                                        ***

Menarik catatan yang diberikan pengamat seni Jo Lawson-Tancred tentang sejumlah karya Ntjam.  Apa yang disampaikannya? Anda akan menemukan bahwa instalasi imersifnya, yang membuatnya menjadi salah satu seniman yang paling diminati saat ini, memiliki efek serupa. Dipesan oleh LAS Art Foundation, swell of spæc(i)es berpusat pada film animasi berdurasi 20 menit yang dipajang di dinding LED melengkung yang panjang.

Narasi dimulai dengan plankton yang berputar-putar di jurang yang gelap dan berbaur, secara mustahil, dengan armada meteorit yang mengambang. Apakah ini laut dalam atau ruang angkasa? Pengaruh fiksi ilmiah langsung terlihat, dan tidak mengherankan ketika mengetahui bahwa Ntjam adalah kepala Battlestar Galactica yang besar.

Tidak lagi berlabuh di dunia nyata, pemirsa menemukan ular antarbintang berwarna oranye dan ungu dengan sirip yang mengepul dan seperti bulu yang disajikan dengan detail yang memukau. Makhluk itu sekaligus dapat dikenali dari dunia kita, namun dalam konteks yang mustahil ini, merupakan makhluk asing yang tidak wajar. Saat mulutnya menganga terbuka, kita dilemparkan ke dalam perut binatang buas tersebut, di mana kita melayang melewati pita-pita rumput laut yang menjulang dengan warna-warna psikedelik.

Akhirnya, belut yang mengerikan ini memuntahkan seluruh planet, yang perlahan-lahan berputar ke arah kita hingga kita menjelajahi permukaan prasejarahnya. Narasi surealis ini diiringi oleh musik asli Fatima al Qadiri, yang membuai dengan lembut lalu menghidupkan penonton dengan alunan biola yang tegas. Sementara itu, dua patung ubur-ubur sonik mengeluarkan lantunan puitis Ntjam.

Bersamaan dengan penampilannya di Venesia, Ntjam juga melakukan debutnya di museum AS di Fotografiska New York dengan "Futuristic Ancestry: Warping Matter and Space-time(s)", hingga Mei 2024. Diorama photomontage yang luas dan padat menggabungkan rekaman arsip dengan citra yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan (AI) bersama dengan patung-patung biomorfis. Instalasi ini juga mengambil film terbaru Ntjam, Matter Gone Mild (2023).

Dalam hal ini  sang seniman muncul dan menyapa para penontonnya, menyuarakan paduan suara para pahlawan dalam kehidupan nyata, legenda kuno, dan para dewa.

"Saya adalah banyak warna kegelapan," kata Ntjam. "Saya tidak membutuhkan cahaya untuk membuktikan keberadaan saya, ketiadaan saya, terdifraksi, anti-materi, anti-tesis, anti-segala sesuatu, saya tidak memperkenalkan diri lagi. Saya tidak peduli. Karena saya adalah banyak warna kegelapan."

Karya Josèfa Ntjam, "swell of spæc(i)es", merupakan bagian dari Venice Biennale ke-60 yang berlangsung dari tanggal 20 April hingga 24 November 2024. ***

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB