x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Kamis, 9 Mei 2024 17:12 WIB

Jadi Relawan TBM, Jangan Khawatir Direndahkan Orang Lain

Jadi relawan taman bacaan, berarti membangun nilai-nilai diri yang baik untuk masyarakat. Teruslah berkiprah sosial di taman bacaan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seorang relawan pernah mengadu karena direndahkan orang lain akibat kiprah sosialnya di taman bacaan. Dia merasa, apa yang salah dengan dirinya?

Saya pun menyampaikan kepadanya agar rileks saja dan tidak usah peduli. Selagi yang dilakukan baik dan bermanfaat untuk orang lain. Maka jangan khawatir ketika banyak orang yang meremehkan. Jangan khawatir ketika dianggap tidak punya pekerjaan. Jangan khawatir bila direndahkan serendah-rendahnya sekalipun. Dan jangan khawatir pula ketika dianggap sosial dan sejenisnya.

Apapun, biarkanlah. Untuk apa terlalu memikirkan posisi kita di mata orang lain? Karena setiap orang kan punya cara pandang yang berbeda. Jadi resepnya sederhan, tidak usah gubris apa kata orang lain. Toh, mereka tidak membantu kita. Tidak usah menyusahkan diri hanya untuk dipandang baik dan disukai oleh manusia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hidup, terus berjalan. Asal kita mau berubah lebih baik, sudah cukup. Karena keadaan seseorang itu tergantung bagaimana akhirnya. Dan setiap amalan itu juga tergantung

pada akhirnya. Bukan pada omongan atau penilaian orang lain. Bila kita berbuat baik dan menebar manfaat kepada orang lain, itu semata-mata karena kita ingin memperbaiki hubungan dengan-Nya, untuk meningkatkan nilai-nilai diri sendiri. Sehingga menjadi insan yang lebih baik, lebih berkualitas.

 

Value diri atau nilai-nilai pribadi. Mengutip dari buku The Fresh Answers, setidaknya ada 5 nilai yang harus dijaga dan dipeihara seseorang. Yaitu 1) Social Values, nilai yang ditentukan oleh masyarakat, 2) Personal Values, nilai yang dimiliki pribadi seseorang. 3) Constitutional Values, nilai yang ditentukan oleh aturan atau norma, 4) Spiritual Values, nilai agama yang melekat pada seseorang, dan 5) Moral Values, nilai moral yang menjadi simbol aktualisasi dan kebahagiaan diri.

 

Sejauh eksistensi kita, di mana pun, bisa memberikan nilai-nilai kebaikan kepada orang lain maka kerjakanlah. Perbaiki saja niat dan teruslah ikhtiar, selebihnya serahkan kepada-Nya. Tanpa peduli penilaian atau omongan orang lain. Tidak apa direndahkan, tidak mengapa diremehkan. Seperti kiprah relawan di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Demi tegaknya tradisi membaca dan budaya literasi di kalangan anak-anak kampung.

 

Karena sejatinya, value atau nilai-nilai diri kita ada di hadapan Allah SWT, bukan di mata orang lain. Dan pada waktunya nanti, Allah pasti akan mempertemukan kita dengan orang-orang yang tepat yang bisa menghargai value kita.

 

Bukankah “sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk manusia lainnya”. Salam literasi #TBMLenteraPustaka #BacaBukanMaen #KopiLentera

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler