x

Iklan

ann mk1

Informatics student, like to write whatever i'm interested at the moment
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Selasa, 21 Mei 2024 08:03 WIB

7 Tips Menentukan Konsep Dekorasi Pernikahan

Mempersiapkan detail acara pernikahan, seperti konsep dan ide dekorasi, merupakan hal yang tidak mudah. Tapi jangan kuatir, tips berikut ini dapat membantu anda dalam menentukan konsep dekorasi pernikahan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pernikahan adalah momen berharga dalam hidup, membuat pernikahan menjadi sebuah momen yang indah merupakan keinginan semua orang, salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat pernikahan menjadi momen yang indah untuk dijalani dan dikenang adalah mempersiapkan acara pernikahan, namun mempersiapkan detail acara pernikahan seperti konsep dan ide dekorasi merupakan hal yang tidak mudah, oleh karena itu berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk merancang dekorasi acara pernikahan. 

Tips Menentukan Konsep Dekorasi Pernikahan

Ada banyak sekali ide konsep dekorasi pernikahan yang bisa Anda pilih, memilih atau merancang konsep dekorasi dari lautan ide bukan merupakan yang mudah. Namun, lautan ide tersebut bisa Anda perkecil luasnya dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Diskusikan dengan Pasangan

Tips terpenting dalam menentukan bagaimana tampilan tempat pernikahan Anda adalah mendiskusikan keinginan dan ide yang muncul dalam pikiran Anda dan pasangan. Pernikahan merupakan acara untuk Anda dan pasangan Anda, mendiskusikan detail bagaimana nantinya konsep acara pernikahan merupakan suatu keharusan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Diskusikan dengan pasangan Anda apa unsur-unsur yang ingin dijadikan unsur pertimbangan dalam memilih suatu konsep seperti warna, budaya, lokasi dan hal-hal lainnya. 

2. Tentukan Budget Pernikahan

Menentukan budget pernikahan sesuai dengan kemampuan Anda dan pasangan merupakan hal penting dalam mempersempit pilihan konsep dan ide dekorasi pernikahan, hal ini penting agar tema yang dipilih masuk dalam range budget yang telah disepakati dan mencegah over budget ketika persiapan mulai dilakukan. 

3. Tentukan Jumlah Tamu

Calon mempelai dan pihak keluarga perlu bekerjasama dalam menentukan berapa jumlah tamu dan siapa saja yang akan diundang. Ini merupakan hal penting apabila pernikahan yang akan dilangsungkan berskala kecil atau terdapat batasan dari lokasi pernikahan yang diinginkan.

4. Pertimbangkan Menggunakan Jasa Event Organizer

Menggunakan jasa event organizer merupakan salah satu hal yang bisa Anda dan pasangan lakukan untuk mengurangi beban persiapan acara pernikahan, event organizer sebagai profesional bisa membantu Anda perihal lokasi, konsep dekorasi, dan detail-detail lainnya. 

Anda dapat mencari event organizer yang menyediakan jasa dekorasi acara pernikahan di sekitar daerah Anda dengan mudah lewat google, misalnya jika Anda berada di Jakarta maka Anda bisa mencarinya dengan mengetikkan jasa dekorasi akad nikah Jakarta dan jasa EO di sekitar Jakarta akan muncul dihasil pencarian seperti Lemonade, dan EO lainnya. 

Untuk memilih EO yang tepat untuk kebutuhan Anda, pastikan lakukan research lebih lanjut, seperti cek reviews, harga dan project yang sebelumnya dikerjakan oleh event organizer tersebut.

5. Selektif dalam Memilih Lokasi

Lokasi merupakan salah satu komponen utama penentu biaya dalam acara pernikahan dan penentu utama konsep dekorasi yang nantinya akan digunakan. Tentunya pemilihan lokasi pernikahan bergantung pada budget dan keinginan dari kedua calon mempelai.

Anda bisa mempertimbangkan halaman rumah Anda atau pasangan sebagai lokasi pernikahan, halaman rumah bisa menjadi lokasi pernikahan yang bagus apabila halaman rumah memiliki kondisi yang memungkinkan. Selanjutnya, ada pilihan lokasi indoor dan outdoor, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, dan tentunya setiap venue memiliki harga sewa yang berbeda-beda.

Pada akhirnya pemilihan lokasi bergantung pada budget dan keinginan dari kedua calon mempelai, yang terpenting dari memilih lokasi pernikahan adalah selektif dalam memilih dan opsi lokasi yang akan dipilih seusai dengan budget dan keinginan yang telah disepakati.

6. Sesuaikan dengan Lokasi

Konsep dekorasi pernikahan harus sesuai dengan lokasi acara. Misalnya, jika Anda mengadakan pernikahan di lokasi outdoor berupa pantai, dekorasi yang ringan dan alami akan lebih cocok dibandingkan dengan dekorasi yang mewah dan berat.

7. Pertimbangkan Kebutuhan Tamu

Pastikan dekorasi tidak hanya indah tetapi juga fungsional dan nyaman bagi tamu. Misalnya, jika acara diadakan di luar ruangan, pertimbangkan kebutuhan tenda atau payung jika cuaca berubah.

Demikian yang bisa saya bagikan, semoga tips-tips di atas bisa membantu Anda merancang konsep dekorasi pernikahan yang indah dan selalu dikenang.

Ikuti tulisan menarik ann mk1 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler