x

Online Shopee

Iklan

Muhammad Rizal Firdaus

Content Writer
Bergabung Sejak: 7 April 2023

Rabu, 29 Mei 2024 08:46 WIB

Ide Bisnis Anak Muda dengan Modal Minim Cuan Melimpah

Meningkatnya angka pengangguran di Indonesia menjadi pukulan telak bagi pemangku kebijakan. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat 10 juta gen-Z yang masuk usia produktif kini masih menganggur.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Meningkatnya angka pengangguran di Indonesia menjadi pukulan telak bagi pemangku kebijakan. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat 10 juta gen-Z yang masuk usia produktif kini masih menganggur.

Angka tersebut cukup mengagetkan lantaran generasi yang digadang-gadang akan membawa perubahan besar pada bangsa ini masih terlilit masalah yang cukup krusial yakni masalah pekerjaan.

Tak heran banyak yang menganggap pemerintah belum siap menghadapi persaingan kerja lintas negara dan bonus demografi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bonus demografi yang sejatinya menjadi tumpuan harapan masa depan Indonesia masih menjadi angan yang belum bisa dimanfaatkan hingga kini.

Faktanya hari ini istilah yang tepat untuk bonus demografi adalah bencana demografi dimana banyaknya usia produktif yang belum bisa mencicipi dunia kerja.

Lantas, apa yang bisa diperbuat oleh Milenial dan gen-Z untuk menghalau stigma buruk banyaknya angkatan kerja yang nganggur.

Tentu kita tidak bisa berpangku tangan kepada pemangku kebijakan, kita bisa melakukan aksi nyata dengan usaha secara mandiri dan kreatif sesuai tuntutan zaman.

Sebagai anak muda dituntut untuk kreatif dalam mengembangkan usaha sendiri, sehingga mampu memberikan dampak sosial.

Setidaknya tidak menjadi beban keluarga atau bahkan menjadi beban negara. Era sekarang kita dituntut untuk bisa lebih kreatif dan adaptif di era digital yang semakin tidak terbendung.

Untuk itu agar kita bisa mempunyai penghasilan ada banyak ide usaha anak muda yang bisa dicoba. Agar kita yang masih dalam kondisi prasejahtera bisa naik level dan mempunyai financial freedom yang baik.

Berikut ini ide usaha yang bisa kamu coba dengan modal  yang minim dan menghasilkan pendapatan yang lumayan.

Era digital membuat kebiasaan berbelanja kita berubah,  kita lebih suka berbelanja online daripada belanja di pasar. Kebiasaan ini sudah menjadi kebiasaan baru dalam berbelanja.

Peluang ini bisa kita manfaatkan untuk berjualan online, tidak sedikit success story tentang keberhasilan dalam dunia bisnis online. Jika kita bisa memanfaatkan peluang ini dengan baik dan lebih kreatif bukan tidak mungkin kita bisa meraih kesuksesan di bidang ini.

Selain bisa memanfaatkan platform jual beli online kita bisa membuat konten untuk mempromosikan produk kita sendiri. Dengan memanfaatkan media sosial kita bisa lebih jauh menjangkau calon customer kita.

Bagaimana kamu tertarik untuk membuka usaha dengan berjualan online, sebagai anak muda kita harus berani mengambil resiko karena tanggung jawab kita hanya pada diri sendiri sebelum kita menikah, jadi apa salahnya untuk mencoba.

Ikuti tulisan menarik Muhammad Rizal Firdaus lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler