x

Pentingnya Membangun Personal Branding

Iklan

Muhammad Rizal Firdaus

Content Writer
Bergabung Sejak: 7 April 2023

Selasa, 4 Juni 2024 18:28 WIB

Personal Branding dan Cara Membangunnya di Media Sosial

Membangun personal branding di media sosial itu mudah loh yuk gunakan media sosial kita untuk menceritakan siapa kita ke orang lain.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bukan hanya untuk menjalin komunikasi, media sosial saat ini bisa kamu gunakan untuk personal branding. Jika dulu media sosial hanya digunakan untuk sarana komunikasi kini media sosial juga bisa digunakan untuk personal branding.

Dengan adanya media sosial kini kamu bisa dengan mudah memperkenalkan siapa dirimu kepada orang lain. Jika dulu media sosial dianggap hanya mempunyai fungsi untuk menghubungkan teman yang lama terpisah kini eranya media sosial bisa digunakan untuk beragam manfaat.

Jika kita bisa memanfaatkan dengan baik media sosial kita, akan banyak keuntungan dan manfaat yang akan kita peroleh. Tentu membangun personal branding di media sosial tidaklah mudah, ada banyak step yang harus dilewati.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bagi kamu yang ingin  membangun personal branding di media sosial ada baiknya untuk mengoptimasi media sosial kamu, seperti merapikan postingan feed dan menjelaskan dengan singkat siapa dirimu dan apa keahlianmu.

Pengertian Personal Branding

Lantas apa sih personal branding itu? Personal branding adalah proses membangun citra diri dan reputasi diri dengan cara memperkenalkan diri kepada orang lain. Dengan membanguan personal branding kita akan mendapatkan kepercayaan dari orang lain karena kita telah membangun persepsi orang lain kepada kita.

Dengan membangun personal branding kita seperti membangun semacam merk atau brand kita. Jika branding kita baik dimata orang lain sudah barang tentu kita akan lebih dipercaya daripada orang lain yang mempunyai kemampuan yang sama seperti kita.

Manfaat utama membangun personal branding adalah menjadikan kita lebih otentik dan berbeda dengan orang lain meski kita memiliki kemampuan dan skill yang sama. Maka dari itu adanya diferensiasi membuat branding kita semakin kuat dan menjadi top of mind.

Setelah kita mengetahui apa itu personal branding dan manfaatnya, langkah selanjutnya adalah bagaimana kita membangun personal branding di media sosial.

Cara Membangun Personal Branding di Media Sosial

Langkah mudah untuk membangun personal branding di media sosial adalah sebagai berikut:

  1. Optimasi media sosial kamu, pilih media sosial yang ingin kamu gunakan untuk membangun personal branding.  Mulailah ceritakan siapa dirimu di bio, jelaskan dirimu secara singkat dan mudah dipahami ketika ada yang mengunjungi profilmu.
  2. Bangun media sosial dengan memposting apa kegiatanmu, bisa juga memberikan sedikit motivasi agar pada audiens mendapatkan insight dari postinganmu.
  3. Konsisten dengan satu bidang yang kamu tekuni dan bagikan ke media sosial, dengan begitu brand yang kamu bangun akan sangat kuat di ingatan audiens.

Contohnya jika kamu ingin dikenal sebagai penulis, maka semua postingan yang kamu unggah harus mempunyai keterkaitan dengan kepenulisan. Kamu bisa mengunggah tulisan yang sudah terbit di media nasional atau menceritakan tentang suka dukanya menjadi penulis.

Itulah cara mudah membangun personal branding di media sosial, kamu bisa lakukan langkah-langkah tersebut mulai sekarang, perlu kamu ketahui jika akunmu rapi menjadi poin plus jika kamu melamar kerja loh.

 

Ikuti tulisan menarik Muhammad Rizal Firdaus lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler