x

Penampilan grup band EXO dalam pembukaan Asian Games ke-17 di Incheon, Korea Selatan, 19 September 2014. (Ap Photo)

Iklan

riwis sadati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Kejutan Buruk dari SM Entertainment di 2014 : Retaknya EXO

Tak ada seorang penggemarpun yang mengharapkan kabar buruk dari idolanya. Tapi, tahun 2014 ini sepertinya bukan tahun untuk SM Entertainment. Separuh waktunya diwarnai dengan berita hengkangnya beberapa penyanyi. Salah satu yang cukup kontroversi adalah E

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

SM Entertainment merupakan salah satu management artis terbesar di Korea Selatan, mereka dikenal dengan kekuatan di berbagai lini dunia hiburan. Tak sedikit remaja-remaja Korea Selatan yang mengharapkan untuk bisa bergabung dengan perusahaan yang berpusat di Seoul ini. Bukan tanpa sebab tempat ini digadang sebagai pusatnya melahirkan penyanyi, artis hingga model yang mumpuni dan dipuja-puja.

Perjuangan Grup Baru EXO

Salah satu grup pria yang baru seumur jagung ditelurkan oleh SM Entertainment ialah EXO. Boy Group ini digadang sebagai pengganti Super Junior yang telah memiliki anggota matang dan populer di berbagai belahan dunia. Konsep yang dibawa pun sedikit banyak mengadopsi grup seniornya, mereka juga terbagi menjadi dua, K untuk promosi di Korea Selatan dan M untuk promosi di Tiongkok. Total anggotanya adalah 12 pemuda berparas tampan, bisa menyanyi, menari dan dibekali kemampuan olah acting.

Mereka terkesan cukup menjanjikan untuk sebuah grup baru pengganti seniornya. Namun jalan yang harus ditapaki hingga mencapai kestabilan popularitas hingga materi tidaklah semudah bayangan. Mereka harus menghadapi banyak cibiran dari haters, bekerja 24jam sehari agar banyak orang mengetahui keberadaan mereka. Memang grup di Korea Selatan lazim untuk bersusah-susah selama 2-3 tahun dulu hingga merengguh kesuksesan.

Dibuka dengan Hengkangnya Kris

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kris - Ex-EXO M (Sumber Foto: kfashionista.com)

Seperti diberitakan sebelumnya, Kris Wu pada 15 Mei 2014 mengumumkan bahwa ia mengundurkan diri dari EXO, grup yang membuat namanya terkenal. Alasan kesehatan dan ketidakmanusiawian jadwallah yang membuat pria kelahiran 1990 ini memilih tak lagi berada dinaungan SME. Tentu saja berita itu awalnya dibantah oleh pihak managemen, membuat para EXO-L sebutan untuk penggemar EXO ini khawatir, hingga akhirnya memberikan keterangan bahwa Kris Wu mengakhiri kontrak eksklusifnya dengan SM Entertainment.

Tak berapa lama setelah berita itu muncul, Xu Jinglei artis asal negeri Tiongkok membeberkan jika Kris akan bergabung dalam film terbarunya Somewhere Only We Know. Setelah lepas dari SM Entertainment dan terus berjuang untuk memenangkan perang di meja hijau, kini pria yang bernama asli Wu Yi Fan ini dikabarkan bergabung dengan Hwai Brother. Hwai Brother merupakan salah satu agensi besar di Tiongkok. Selama berada di Tiongkok, Kris pun telah merilis lagu, membintangi drama dan dua film.

Lu-Han Menyusul Kris Keluar dari SME

Lu Han - Ex-EXO M (Sumber Foto: exom-trans.tumblr.com)

Pada 10 Oktober 2014, Lu Han menyentak para EXO-L untuk kedua kalinya dengan mengumumkan bahwa ia mengundurkan diri dari SM Entertainment. Pria kelahiran 1990 ini memutuskan untuk mengikuti jejak mantan leader grup EXO, Kris, dengan menghentikan kontrak eksklusifnya. Kali ini, alasan ketimpangan pendapatan yang tak tersalurkan dengan baik ke Lu Han menjadi salah satu masalah pelik di balik keputusannya.

Di hari yang sama diumumkannya Lu Han keluar dari SME, harga saham perusahaan yang didirikan oleh Lee So Man ini anjlok 15% dan menjadi koreksi saham paling buruk sepanjang berdirinya managemen artis ini. Lu Han pun dikabarkan tengah menempuh jalur hokum untuk melepaskan diri dari SM Entertainment. Meski demikian, banyak pengacara jika Lu Han akan kalah dalam perang melawan managemen raksasa Korea Selatan ini. Jika mendengar dari banyak rumor yang berada disekitar Lu Han, salah satu yang terbaru adalah ia juga akan bergabung dengan Hwai Brother menyusul Kris.

Spekulasi yang Muncul

Kris dan Lu Han - Ex-EXO M member (sumber foto: koogle.tv)

EXO nampaknya harus tertatih untuk melawan berbagai rumor yang beredar semenjak ditinggalkan oleh dia member asal Tiongkoknya, Kris dan Lu Han. Yang paling santer adalah Tao dan lay, 2 member EXO-M ini juga akan ikut meninggalkan SME. Namun masih belum ada pembuktian bahwa hal yang dituliskan oleh dua anggota EXO di akun social media tersebut merupakan tanda mereka akan keluar mengikuti jejak Kris dan Lu Han.

Selain masalah spekulasi Tao dan Lay, banyak juga yang menyebutkan jika kepergian Kris serta Lu Han merupakan konspirasi. Mereka keluar dengan alasan yang sama seperti Hangeng dari mantan anggota Super Junior. Masa mereka mengumumkan pengunduran dirinya pun tak jauh. Ditambah lagi, pengacara yang menangani perseteruan dengan SME pun sama dengan pengacara kasus Hangeng. Terakhir, kedua member itu dikabarkan akan bergabung di agensi yang sama, Hwai Brother.

Masalah yang menimpa pun sejenis yakni perbedaan perlakuan antara anggota Korea Selatan dan Tiongkok; tak ada kejelasan karir perseorangan (kegiatan individu seperti menyanyi solo, iklan hingga acting) saat dinaungan SME; ketimpangan pendapatan yang tak tersalurkan; kesehatan yang semakin memburuk karena stress dan kurang istirahat.

Tak sedikit juga yang menyebutkan Kris dan Lu Han merupakan kacang lupa kulitnya. Loyalitas mereka kepada management yang membesarkan namanya pun dipertanyakan. Meski dari satu sisi lain juga mengatakan jika SME mulai goyah dalam mengatur anak-anaknya semenjak tampuk CEO beralih dari Lee So Man ke Kim Young Min pada 2010.

Ikuti tulisan menarik riwis sadati lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler