x

Iklan

infonitas

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Pisau Adalah ‘Senjata’ Bagi Komunitas Ini

Selain bisa digunakan sebagai alat memotong, ternyata pisau juga bisa dijadikan olahraga ketangkasan. Komunitas Jakarta Knife Throwers Indonesia membuktikannya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

KEBAYORAN BARU – Selain bisa digunakan sebagai alat memotong, ternyata pisau juga bisa dijadikan olahraga ketangkasan. Seperti yang dilakukan oleh Jakarta Knife Throwers Indonesia (JKT 1) ini. Mereka kerap melakukan lempar pisau ke sebuah target yang sudah ditentukan sebagai sebuah kegemaran.

Komunitas yang memiliki lebih dari 50 anggota tetap yang diketuai oleh Ahmad Thoriq ini memiliki agenda pertemuan dan latihan rutin 3 kali seminggu, saban Rabu, Sabtu, dan Minggu.

Pisau yang digunakan pun bukanlah sembarang pisau. Ada spesifikasi khusus, seperti panjang pisau mulai dari 30,5 cm hingga 35,5 cm dengan bobot 310-600 gram. Untuk melempar pisau pun tidak bisa sembarangan, dibutuhkan ketenangan dan konsentrasi. “Jika kita melempar dalam kondisi emosi maka pisau pasti tidak akan bisa menancap di sasaran atau malah terpental. Kondisi jiwa yang sehat diperlukan dalam olahraga ini,” ungkap Thor, sapaan akrab dari sang ketua.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ada teknik – teknik yang perlu dipelajari dalam lempar pisau. Seperti posisi berdiri, teknik memegang pisau, melempar pisau, dan kontrol emosi. Bila semua itu telah dikuasai maka dapat dipastikan hampir tiap pisau yang dilempar dapat menancap ke sasaran.

Thoriq mengaku mengharapkan terbentuknya federasi olahraga lempar pisau di Indonesia. Menurutnya lempar pisau sangat mungkin dijadikan cabang olahraga karena dapat dimainkan oleh berbagai lapisan usia. Di tingkat internasional, komunitas lempar pisau telah menjadi bagian dari klub olahraga. Lagipula Ahmad Thoriq sendiri berada di posisi 8 dalam IKTHOF (International Knife Throwers Hall of Fame) World Rankings in Knife Non-Tournament Scores.

 

Sumber: Infonitas.com

Ikuti tulisan menarik infonitas lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler