Samsat Kabupaten Bekasi, Tanpa Calo Lancar Abis! - Analisis - www.indonesiana.id
x

Memperpanjang Surat Tanda Nomer Kendaraan (STNK) di Lapangan parkir Samsat Polda Metro Jaya. Tempo/Tony Hartawan

Topik Irawan

Fulltime Blogger
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Samsat Kabupaten Bekasi, Tanpa Calo Lancar Abis!

    Total waktu yang diperlukan untuk pengurusan perpanjangan STNK di kantor Samsat Bekasi hanya sekitar 2 jam, dan itu tanpa bantuan calo.

    Dibaca : 19.349 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Dua hari lalu saya menuju kantor Samsat Kabupaten Bekasi di kawasan Pasir Gombong Cikarang, lokasi kantor yang tak terlalu jauh membuat saya tidak harus terburu buru, dengan memacu kendaraan roda dua, dua puluh menit kemudian saya pun sudah tiba ke kantor Samsat. Di pintu masuk ada polisi yang langsung bertanya dan tanpa basa basi meminta saya mengeluarkan KTP serta STNK, kemudian beliau menunjukan meja untuk mengambil formulir.

    Saya sarankan bila menuju kantor Samsat bawa ballpoint, itu berguna agar kita mudah mengisi formulir dibanding harus minjam atau nunggu giliran yang malah nantinya waktu terbuang percuma, setelah kelar urusan mengisi formulir, kita serahkan formulir beserta KTP dan STNK kepada dua penjaga loket berseragam terusan hijau hijau yang sangat membantu, dan kita pun di suruh menunggu.

    Disediakan ruang tunggu dengan deretan kursi, ada juga sebuah showcase untuk menyimpan air minum, namun nggak ada isinya sih hehe, padahal di situ tertulis"Silahkan Ambil, Gratis".

    Sekitar satu setengah jam, nama saya dipanggil, dipanggil lewat pengeras suara, bersama sekitar sembilan orang lainnya, setelah ditanya tentang semua kelengkapan, maka kita pun diarahkan menunggu di loket pembayaran, harus diperhatikan, apakah KTP anda masih berlaku atau tidak, jika sudah tidak berlaku maka permohonan pun di tolak.

    Hampir 30 menit akhirnya nama saya dipanggil di loket 4 Bank Jabar Banten, dan kita pun membayar jumlah uang yang tertera, setelah itu kita di suruh menunggu di loket pengambilan STNK, dan setelah menuju ke loket pengambilan, sekitar 10 menit nama saya dipanggil untuk menerima STNK, total waktu di kantor Samsat sekitar 2 jam lebih, dan itu tanpa bantuan calo, wah sebuah peningkatan layanan yang sudah membaik, tahun lalu calo masih banyak berkeliaran, malah oknum petugas merangkap calo, sekarang tahun ini Samsat Kabupaten Bekasi tampaknya sudah bebenah,dan calo pun tak ada.

    Semoga semakin banyak instansi pemerintah yang melayani dengan sebaik baiknya, dan tentunya tak ada calo, salam dari Kabupaten Bekasi.

    Ikuti tulisan menarik Topik Irawan lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












    Oleh: Dwi Kurniadi

    Sabtu, 13 Agustus 2022 09:06 WIB

    Sajadah Basah

    Dibaca : 2.477 kali

    Sebuah Puisi karya Dwi Kurniadi