x

Iklan

Ade Aulia Alfa Farah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Pengaruh Pendapatan Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak

Keberlangsungan pendidikan anak tidak terlepas dari dukungan orang tua. Salah satunya bentuknya adalah dukungan finansial, karena pendidikan memerlukan berbagai biaya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK

Pendidikan merupakan usaha dasar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlaq mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.

Keberlangsungan pendidikan anak tidak terlepas dari dukungan orang tua. Salah satunya yaitu dukungan financial (keuangan), karena pendidikan memerlukan biaya-biaya seperti iuran sekolah,biaya membeli seragam sekolah, buku pelajaran, alat tulis, fasilitas pendukung pendidikan lainnya dan bahkan uang jajan sekolah. Untuk memenuhi semuanya itu orang tua harus mengeluarkan uang yang diperolehnya dari hasil balas jasa atas usaha yang dilakukannya yaitu penghasilan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Orang yang berpengahsilan lebih pastinya ingin memberikan pendidikan yang terbaik untuk anaknya, salah satunya dengan cara menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah-sekolah yang bagus bahkan sekolah yang bertaraf internasional. Sedangkan orang yang berpenghasilan rendah mungkin sebaliknya, bagi mereka anak-anaknya sudah bias duduk di bangku sekolah saja mereka sudah bangga. Bahkan banyak diantara mereka yang tidak sekolah karena terkait biaya yang ada.

KATANYA SEKOLAH GRATIS? TAPI KOK MASIH BANYAK YANG TIDAK SEKOLAH?

Memang, pada kenyataannya banyak sekali anak-anak yang ingin bersekolah akan tetapi selalu terhambat oleh biaya-biaya. Lalu mana yang katanya sekolah gratis?

Banyak yang berfikir bahwa sekolah sudah gratis, mengapa masih banyak yang tidak sekolah? Banyak yang berfikir “Ya, memang sekolah sudah banyak yang gratis karena biaya-biaya dari pemerintah seperti BOS, dll. Akan tetapi seluruh peralatan sekolah seperti alat tulis, seragam ataupun yang lainya juga sanget perlu untuk dibeli sebagai pendukung anak dalam belajar”.

Akan tetapi itu semua bukanlah alasan yang harus menghabat seseorang ingin belajar, pengahsilan orang tua bukanlah alasan untuk seseorang tidak bersekolah asal setiap anak memiliki keinginan untuk belajar yang kuat maka semua bukanlah sebuah alasan. Karena saat ini pemerintahpun sudah banyak mengeluarkan beasiswa-beasiswa lainnya seperti KJP, dll.

Jadi, setidaknya itu semua bisa membantu anak-anak yang benar-benar ingin bersekolah. Dan apapun yang terjadi pendidika itu nomer 1, bagaimanapun keadaan orang tua kita pendidikan harus tetap nomer 1. Tidak ada halangan apapun dalam menuntut ilmu asal ada kemauan pasti ada jalan.

 

Tugas UTS Mata Kuliah Komputerisasi Data Primer

Nama : Ade Aulia Alfa Farah

Nim : 1301105003

Kelas : 4c

Ikuti tulisan menarik Ade Aulia Alfa Farah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB