x

Petugas dan relawan membersihkan sampah, yang jumlahnya setara dengan sampah satu kelurahan di sekitar Gedung Merdeka. Bandung, 27 April 2015. TEMPO/Prima Mulia

Iklan

saipul

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Tempat Sampah Dilupakan

Membuang sampah pada tempatnya, adalah sebuah kalimat yang sering didengar atau lihat. Bisa mengatakannya tetapi sulit untuk melakukannya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Budaya sampah sepertinya sudah sangat melekat, dan sulit untuk di hilangkan. Membuang sampah pada tempatnya, sepertinya hanya sebuah kalimat yang masuk lalu keluar. Sampah yang di hasilkan begitu banyak setiap harinya. Hampir 12.000 ton sampah di hasilkan perharinya. Banyak sampah yang di hasilkan, tidak di imbangin oleh tempat sampah. Minimnya penggunaan tempat sampah, memang sangat miris. Fasilitas umum yang di berikan, belum bisa di manfaatkan dengan baik.

Sampah yang di hasilkan memang di bagi menjadi dua jenis, Sampah organik dan non organik.  Sampah yang memang sering kita temukan di berbagai tempat. Pemilihan sampah memang harus di lakukan. Karena ada sampah yang bisa di daur dan tidak. Sampah organik berasal dari alam. Seperti hewan dan tumbuhan. Penguraiannya pun tidak memakan waktu yang lama. Sampah organik yang sering kita jumpai ialah, sayuran, buah, daging, dan lainnya.

Sampah non organik berasal dari sebuah proses perindustrian. Yang terbuat darai hasil sumber daya alam, seperti minyak bumi, dan air mineral. Proses penguraiannya pun cukup lama. Sampah yang di hasilkan darai sumber daya alam ialah sampah yang berbahan plastik. Besi, dan lainnya. Tetapi sampah non organik bisa di daur ulang. Seperti botel air mineral yang dapat di jadikan sebuah kreasi yang sangat bagus.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Plastik menjadi sampah yang sering di jumpai di berbagai tempat. Membuang sampah bisa di buang di mana saja. Bila tidak memiliki kesadaran akan kebersihan. Mebuang sampah di sungai pun sudah menjadi hal yang biasa, dan itu selalu di lakukan. Padahal sungai sangat penting dan berguna. Tetapi menjadi pembuangan sampah saat ini. Banyak kita  lihat sampah di sungai-sungai yang ada di ibu kota maupun di luar ibu kota.

Hingga saat ini, banyak sampah yang masih berserakan di pinggiran sungai dan jalanan. Tempat sampah  yang sudah di sediakan. Sepertinya belum di gunaka dengan baik. Masih banyak yang membuang sampah semabarang. Itu membuktikan masih minimnya kesadaran akan kebersihan, dan masih banyak yang mengabaikan tempat sampah.

Ikuti tulisan menarik saipul lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan