x

Vaksin hepatitis B. TEMPO/Prima Mulia

Iklan

Pevi Revina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Buang Air Kecil di Pagi Hari Hindarkan Penyakit Liver

Segera buang air kecil di pagi hari setelah bangun tidur sangat penting untuk mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh yang ada dalam urine.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seorang pakar juga ahli medis dan terapi nutrisi holistic dari Amerika Serikat yaitu Syeda Kiran Zahra Hussain menjelaskan beberapa penyebab kerusakan liver. Di antara berbagai penyebab liver, salah satunya yakni tidak segera buang air kecil tatkala bangun di pagi hari. Terkadang kita akan merasa berat jika bangun di pagi hari dan menahan diri untuk tidak buang air kecil. Jika terus ditahan, maka akan menyebabkan rasa sakit pada daerah kemaluan kita dan bisa merusak lever dalam tubuh. Akan tetapi, jika kita segera buang air kecil, maka tubuh kita akan terasa ringan.

Untuk itu, sangatlah penting untuk segera buang air kecil di pagi hari yakni setelah bangun tidur dan jangan dianggap sepele. Manfaatnya adalah mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh dalam bentuk urine.

Perlu diketahui bahwa tugas liver yaitu melakukan fungsi metabolisme dalam tubuh. Selain itu, liver juga berfungsi untuk menghilangkan toxic dari dalam tubuh. Kerusakan yang terjadi pada liver bukan saja berbahaya, namun bisa menimbulkan kematian. Oleh karena itu, menjaga dan merawat kesehatan liver amat penting dan dianjurkan. Tanpa kita sadari hal kecil yang kita anggap remeh, juga bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada liver. Lantas apa saja penyebab yang dapat memicu kerusakan liver lainnya? Simak selengkapnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1.    Minyak Goreng

Dalam menggunakan minyak goreng, maka janganlah dipakai berkali-kali dalam menggoreng masakan. Jika dipakai berkali-kali, maka minyak tersebut menjadi tidak sehat. Mengkonsumsi minyak tak sehat secara berlebih bisa menjadi salah satu pemicu kerusakan liver. Selain itu, mengkonsumsi minyak tak sehat secara berlebih bisa menyebabkan penyakit jantung.

2.    Minum Obat

mengkonsumsi obat terlalu berlebihan dapat menyebabkan kerusakan liver dan juga overdosis. Untuk itu, jangan terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan warung tanpa anjuran dokter.

3.    Makan Berlebih

Salah satu penyebab obesitas serta penyakit lever adalah makan makanan yang berlebih atau banyak. Apalagi jika kita tidak selektif dalam memilih makanan serta porsi yang kita makan tidak sesuai, maka bukan saja penyekit lever yang akan menyerang tapi penyakit yang lain pun akan hinggap pada tubuh kita.

4.    Kurang Tidur

Tubuh kita beristirahat dan memperbaiki kerusakan dalam tubuh saat tidur. Oleh karena itu, tidur yang cukup amat penting untuk kesehatan tubuh. Kurang tidur dapat mengganggu proses pemulihan tubuh pada kondisi semula dan hal tersebutlah yang dapat mempengaruhi kesehatan liver.

5.    Makanan Mentah

Mengkonsusmsi makanan mentah atau makanan setengah matang bisa memicu kerusakan pada liver. Untuk itu, jika bisa sebaiknya konsumsi makanan sesuai aturan dan jangan lupa untuk membersihkan makanan sebelum kita memasaknya.

Ikuti tulisan menarik Pevi Revina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler