Menanti Aplikasi Mobile Indonesiana

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bagi pengguna telepon pintar dan tablet aplikasi sangat membantu dalam mencari dan membagi informasi. Indonesiana akan lebih mudah diakses jika memilikinya

Dalam pengalaman pengelolaan blog pribadi, aplikasi mobile, seperti aplikasi android, pengguna sangat dimudahkan dalam melakukan pembaruan informasi. Sebab tak harus membuka halaman admin melalui browser, melainkan cukup membuka aplikasinya. Informasi hangat dan aktual pun menjadi cepat tersaji ke khalayak.

Saya sedang membayangkan, seandainya indonesiana dibuatkan aplikasi mobile, sehingga para penulis yang tergabung di blog indonesiana.tempo.co mendapatkan kemudahan dalam mengunggah informasi, sebab bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, tanpa ribet membuka browser, terutama bagi pengguna telepon pintar berlayar pas-pasan.

Terinspirasi dengan kemudahan dan efektivitas pengunggahan informasi melalui aplikasi mobile, saya mencoba mencari tahu, jika mungkin tersedia. Saya tak menemukannya. Saya teringat di aplikasi tempo.co, ada kanal citizen jurnalist, ketika coba dicek, informasi yang tersedia diunggah tahun 2014 (?), dan isinya pun memang berbeda dengan indonesiana.tempo.co. Aplikasi tempo.co di google play sendiri dupdate terakhir pada tahun 2012.

Saya tidak tahu apakah ada pertimbangan spesifik, misalnya, keamanan sehingga tempo.co tak memyediakan aplikasi mobile untuk indonesiana.tempo.co?

Atau ada pertimbangan bisnis, manakala dibuatkan aplikasi mobile, maka tak memungkinkan penyangan iklan seperti yang bisa kita lihat dalam page indonesiana.tempo.co.

Atau karena belum terpikirkan saja, untuk bisa memudahkan para pecandu menulis di blog indonesiana.tempo.coya.

Saya hanya memperkirakan kemungkinan tak tersedianya aplikasi mobile indonesiana.tempo.co yang memiliki fitur posting (unggah informasi) karena asumsi yang ketiga: belum terpikirkan.

Jika demikian, mungkin mulai bisa dipikirkan. Sebab dengan aplikasi android tak hanya memudahkan dalam membaca dan mengunggah informasi baru. Tetapi juga menjadi irit data, jika hanya membuka aplikasi, ketimbang membuka melalui browser.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Mukhotib MD

Pekerja sosial, jurnalis, fasilitator pendidikan kritis

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua