x

Palyja siapkan aplikasi di ponsel pintar berbasis sistem operasi Android guna melakukan pembacaan meter air untuk para petugasnya.

Iklan

Mukhotib MD

Pekerja sosial, jurnalis, fasilitator pendidikan kritis
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Menanti Aplikasi Mobile Indonesiana

Bagi pengguna telepon pintar dan tablet aplikasi sangat membantu dalam mencari dan membagi informasi. Indonesiana akan lebih mudah diakses jika memilikinya

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam pengalaman pengelolaan blog pribadi, aplikasi mobile, seperti aplikasi android, pengguna sangat dimudahkan dalam melakukan pembaruan informasi. Sebab tak harus membuka halaman admin melalui browser, melainkan cukup membuka aplikasinya. Informasi hangat dan aktual pun menjadi cepat tersaji ke khalayak.

Saya sedang membayangkan, seandainya indonesiana dibuatkan aplikasi mobile, sehingga para penulis yang tergabung di blog indonesiana.tempo.co mendapatkan kemudahan dalam mengunggah informasi, sebab bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, tanpa ribet membuka browser, terutama bagi pengguna telepon pintar berlayar pas-pasan.

Terinspirasi dengan kemudahan dan efektivitas pengunggahan informasi melalui aplikasi mobile, saya mencoba mencari tahu, jika mungkin tersedia. Saya tak menemukannya. Saya teringat di aplikasi tempo.co, ada kanal citizen jurnalist, ketika coba dicek, informasi yang tersedia diunggah tahun 2014 (?), dan isinya pun memang berbeda dengan indonesiana.tempo.co. Aplikasi tempo.co di google play sendiri dupdate terakhir pada tahun 2012.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saya tidak tahu apakah ada pertimbangan spesifik, misalnya, keamanan sehingga tempo.co tak memyediakan aplikasi mobile untuk indonesiana.tempo.co?

Atau ada pertimbangan bisnis, manakala dibuatkan aplikasi mobile, maka tak memungkinkan penyangan iklan seperti yang bisa kita lihat dalam page indonesiana.tempo.co.

Atau karena belum terpikirkan saja, untuk bisa memudahkan para pecandu menulis di blog indonesiana.tempo.coya.

Saya hanya memperkirakan kemungkinan tak tersedianya aplikasi mobile indonesiana.tempo.co yang memiliki fitur posting (unggah informasi) karena asumsi yang ketiga: belum terpikirkan.

Jika demikian, mungkin mulai bisa dipikirkan. Sebab dengan aplikasi android tak hanya memudahkan dalam membaca dan mengunggah informasi baru. Tetapi juga menjadi irit data, jika hanya membuka aplikasi, ketimbang membuka melalui browser.

Ikuti tulisan menarik Mukhotib MD lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

8 jam lalu

Terpopuler