x

Senapan mesin Bren Mk II dan Sten gun sitaan dari tentara Inggris divisi British India dipamerkan di Museum Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Bandung, 18 April 2015. Museum yang kaya informasi tentang semua sejarah perjuangan sebelum dan sesudah kemerdek

Iklan

pour71

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Saneta Simplicitas

Kisah romantika tentang Sten Gun dan perjuangan bersenjata bangsa Indonesia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kau cuma seonggok pipa besi. Tak lebih. Senjata? Yang benar saja! Kata SENJATA malah buatku menyeringai. Kukatakan sekali lagi: Kau cuma seonggok pipa besi. Menembak bonggol pohon pun kau tak becus. Tapi waktu patroli malam, aku harus jujur padamu. Kita adalah sahabat

(Ode to a Sten Gun; S.N Teed)

Romantisme memang luas. Tak hanya sekitar kehidupan manusia, tetapi juga hubungan individu antara senapan dan pemakainya. Kok memilih kata PEMAKAI, bukan pemilik? Inilah jawabannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Setelah perang kemerdekaan usai, Iskandar mencoba kembali ke kehidupan sipil. Ditinggalkannya semua hal yang berhubungan dengan pertempuran. Unitnya, seragamnya bahkan senjata andalannya. Sebuah Sten Gun.

Sayangnya, prinsip Iskandar harus bertemu dengan kenyataan yang pahit. Semua teman semasa bertempur dulu ternyata malah menjual dirinya dan terlibat korupsi. Kenyataan terkadang berbeda dengan pengharapan. Dan prinsip Iskandar yang teguh bagai tank ditentang keras .

Akhirnya Iskandar membunuh mantan komandannya. Dalam kekalutan pikiran, Iskandar berlari ke rumah kekasihnya. Tapi malah malaikat maut yang menjemput Iskandar akibat peluru yang ditembakan dari Sten Gun milik komandan patroli.  Kala itu, di film Lewat Djam Malam, Jakarta diterapkan aturan untuk melarang siapapun keluar malam sesudah jam 1800.

Nah, Iskandar jagoan kita itu memakai Sten Gun kala jadi tentara di Masa Perang Kemerdekaan. Senjata itu tak lepas dari dekapannya. Sialnya, senjata yang sama merenggut nyawanya.

Kisah romantika lain tentang Sten Gun adalah berpindah tangannya pemakai. Dari seorang pejuang kemerdekaan yang akhirnya jadi musuh negara.

Si Djitu, begitu Kapten Rahman memberi nama, diajak ke tengah laut untuk mencegat sebuah kapal perang Belanda.

Setelah aksi nekat itu Si Djitu ikut kemana Kapten Rahman bertugas. Dia dirawat dengan sangat baik. Bahkan jadi saksi mata bahwa pemakainya suka membaca dan bermain piano.

Lalu akhir ceritanya tragika. Mirip dengan roman karya Shakespeare. Ditangan orang lain yang pangkatnya lebih rendah, Letnan Kardjundji, Si Djitu dipakai untuk menangkap pemakainya yang dulu. Kapten Rahman jadi tawanan karena tertangkap disekitar Madiun.

Kapten Rahman ditembak didada oleh Letnan Kardjundji. Dan Si Djitu menunaikan tugasnya dengan sebuah komplimen dari pemakai sebelumnya, Kapten Rahman.  Saneta Simplicitas katanya sebelum tubuhnya menyambut peluru yang meluncur dari laras si Djitu.

Riwayat Sten Gun memang unik. Sebuah senjata yang dibuat karena Brittania Raya kehabisan stok senapan dan mulai seret dana untuk biayai peperangan. Padahal ancaman invasi Nazi Jerman didepan mata.

Kondisi itu malah membuat Major Reginald V. Shepherd dan Harold Turpin berinovasi dengan membuat senjata yang murah, hanya terdiri dari 47 bagian dan tidak butuh banyak orang untuk memproduksinya.

Nama Sten Gun adalah gabungan dari Shepherd, Turpin dan Enfield.

Senjata itu diproduksi massif dan terlibat aktif di setiap palagan di PD II. Dari Benua Amerika sampai Afrika. Dari Benua Eropa sampai Asia.

Masuknya Sten Gun ke Indonesia diperkirakan ada beberapa jalur. Pertama dari Burma lalu dibeli di Malaysia dan Thailand. Sten dikirim lewat jalur laut, darat udara ke Asia Tenggara guna mempersenjatai para partisan guna melawan Tentara Jepang. Karena dikirim dengan jumlah yang besar dan tanpa pengawasan maka dengan perantara para Gun Smuggler sampailah di Indonesia untuk selanjutnya dipergunakan TNI dan laskar. Sila baca novelnya Remy Sylado yang judulnya Ca Bau Kan. Tokoh utamanya berprofesi sebagai Gun Smuggler.

Jalur kedua adalah dari tentara Brittania Raya yang membelot. Menurut Wikimedia, ada 600 orang dari Divisi British Indian yang kabur dan membawa serta aneka senjata dan amunisi. Jalur terakhir adalah Jalur Heroik.

Pemuda menyerbu gudang senjata atau mencegat konvoi tentara KNIL atau Allied Forces. Dari hasil gedoran itu, Senjata, amunisi, makanan, rokok dan uniform yang lengkap dengan pangkat didapat dengan percuma.Maka lengkaplah para pemuda itu transformasinya. Dari sipil bermodal semangat jadi militer.

Karena reputasinya, Sten Gun jadi primadona. Sederhana, mudah dirawat bahkan dengan kondisi tentara Republik yang serba minim. Tak ada minyak senjata untuk melumasi bagian2 senjata maka minyak kelapa sudah bisa menggantikan. Bisa berfungsi dengan baik dalam keadaan kotor. Peluru habis tak masalah. Sten Gun bisa dilempar untuk melumpuhkan lawan.

Sebuah kesederhanaan yang elegan (pour).

Ikuti tulisan menarik pour71 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB