x

Iklan

Chamelia Sari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Merajut Asa di Palmerah Barat

Klinik Menulis Feature adalah satu sesi pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh Tempo Institute sebagai rangkaian pelatihan jurnalistik guna memperkenalkan jurnalistik kepada masyarakat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

"Nama Saya Mercedez Amanda. Orangtua Saya memberikan nama ini terinspirasi dari karakter telenovela kondang tahun 90-an Maria Mercedes," tutur Mercy, seorang peserta Klinik Menulis Features. Mendadak ruang kelas ramai dengan gelak tawa dan celetukan. Hangat dan bersahabat. Tidak tampak seperti sekelompok orang yang baru kenal beberapa menit.

Begitulah suasana yang  diciptakan panitia  Klinik Menulis Feature di suatu pagi yang cerah di kawasan Palmerah Barat, markas majalah berita ternama yang jaman orde baru sempat dibredel, Tempo, saat peserta  Klinik Menulis Feature diminta memperkenalkan diri mereka satu persatu. Setelah memperkenalkan diri, peserta juga diminta untuk menyampaikan apa yang menjadi harapan dan kekhawatiran mereka hingga mereka mengikuti pelatihan menulis feature ini di selembar kertas sticker berbentuk bulat dengan aneka warna mencolok.

Klinik Menulis Feature adalah satu sesi pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh Tempo Institute, lembaga nirlaba  dan independen yang didirikan sejak tahun tahun 2003 dan berada dibawah naungan  Grup TEMPO.  Selain Klinik Menulis feature, masih terdapat pelatihan lain seperti Klinik Menulis Opini, Penulisan Fiksi dan Pelatihan Jurnalistik Intensif.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pelatihan ini diadakan sebagai  rangkaian pelatihan jurnalistik guna memperkenalkan  jurnalistik  kepada masyarakat yang merupakan visi Tempo Institute yaitu fokus pada pendidikan dan upaya pengembangan mutu jurnalistik, demikian  penjelasan Hesthi  Murthi, Ketua Panitia Pelatihan Jurnalistik Tempo Institute  tahun 2015.

Peserta Klinik Menulis Feature yang berjumlah 27 orang ini datang dari berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, pekerja NGO dan karyawan di berbagai  bidang seperti geodesi, pertambangan, yayasan pendidikan bahkan motivator terkenal. Animo peserta yang antusias juga terbukti dari asal peserta yang tidak hanya dari Jakarta, bahkan datang dari luar Jakarta seperti Lampung, Banyuwangi dan Kuningan, Jawa Barat. Pelatihan terdiri dari 3 sesi dan akan berlangsung sampai tanggal 29 Agustus 2015.

Setelah pelatihan usai, diharapkan para peserta dapat mempraktekkan materi  pengenalan jurnalistik seperti yang telah disampaikan oleh para pengajar dan  siapa tahu,  dapat menelurkan bibit-bibit penulis dan jurnalis handal  sekaliber Alm. Toety Adhitama  dan Andrew Jennings.

 

Ikuti tulisan menarik Chamelia Sari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu