x

Peserta menulis kaligrafi tradisional Jepang selama kontes kaligrafi Tahun Baru di Budokan Hall seni bela diri, Tokyo, Jepang, 5 Januari 2015. AP/Eugene Hoshiko

Iklan

Mukhotib MD

Pekerja sosial, jurnalis, fasilitator pendidikan kritis
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Posting Nyasar, Kenapa Bisa

Ada persoalan pengaturan login di indonesiana, sehingga orang bisa keliru posting blog orang lain. Kenapa bisa terjadi om admin?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ketika melakukan log in, saya cukup terkejut sebab ada sebuah posting an baru yang tak pernah saya menulisnya. Sebenarnya, saya ingin mengomunikasikan persoalan ini ke admin. Tetapi saya tak tahu melalui jalan apa untuk berkomunikasi. Akhirnya, kuputuskan untuk menulis saja melalui kanal info_warga. Sebab saya merasa sebagai warga indonesiana.

Saya tak tahu apakah warga indonesiana pernah mengakunalami hal serupa, ketika login ternyata masuk ke blog warga yang lain? Untunglah admin indonesiana cukup sehingga postingan nylonong itu tak disetujui, unapproved, sehingga tulisan itu tak muncul dalam blog indonesiana.

Mungkin secara sepintas peristiwa seperti ini, tak terlalu persoalan manakala tak harus dipikirkan. Tetapi akan timbul masalah, jika tulisan nylonong seperti ini disetujui admin dan ternyata dipersoalkan publik isin tulisannya. Karena prinsip akun bersifat sangat-sangat rahasia dan pribadi, tentu akun yang dislonongi tak akan bisa mengelak, meski itu sungguh-sungguh bulan tulisannya, tetapi tulisan orang lain yang nyolong.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ini penting menjadi perhatian pengelola indonesiana. Sebab, sebagai wadah Jurnalisme warga, indonesiana hanyalah memfasilitasi blog, pembantu seleksi naskahmukhotibmd@gmail, dan memilah mana yang dianggap sebagai tulisan layak tajuk utama, layak sebagai blog pilihan, layak menjadi blog tamu, dan layak untuk tampil dalam kanal di bagian bawah blog indonesiana.

Sementara seluruh akibat yang ditimbulkan dari sebuah tulisan bukanlah tanggung jawab pengelola Indonesiana. Untuk itu, menjadi kewajiban admin indonesiana untuk membangun sistem yang kuat, sehingga peristiwa salah masuk ke akun orang lain, dan bisa memposting tulisan tak terulang kembali.

 

Ikuti tulisan menarik Mukhotib MD lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB