x

Tarif KRL Jabodetabek Akan Naik 50 Persen

Iklan

TEMPO INSTITUTE Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Menakar Kesosialan "Media Sosial"

Ditulis oleh Pradipa P. Rasidi, salah satu alumni Klinik Menulis Tempo Institute 2015)

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dinda mungkin tidak pernah membayangkan kalau namanya akan muncul dalam salah satu tajuk Kompas.com. Terutama, apabila dalam tajuk yang bersangkutan Dinda justru mendapati dirinya dicaci, dimaki, dan dihina oleh ribuan orang yang barangkali tak pernah dikenalnya seumur hidup.

Sebabnya, keluhan Dinda di salah satu media sosial tersebar luas di penjuru internet. Di Path, media sosial yang dimaksud itu, Dinda separuh mencela dengan menulis kegusarannya akan seorang ibu hamil yang meminta tempat duduk di kereta. Menurut Dinda, ibu hamil tersebut pemalas karena tidak mau berusaha untuk datang lebih pagi–barangkali, seperti pengguna kereta lainnya–agar mendapat tempat yang nyaman selama perjalanan. Seseorang mengambil gambar (screenshot) keluhan Dinda ini, menyebarkannya di media sosial lain, dan jadilah Dinda balik dicela tajam oleh pengguna internet. Komentar negatif terhadap Dinda disebut bermacam-macam, mulai dari “tidak simpatik” dan “tega”, sampai “sampah” dan “bodoh”.

Cerita Dinda bukan yang satu-satunya. Sebelumnya ada pula yang tersebar murid salah satu sekolah di Jakarta yang mengolok sekolah tetangganya. Lain lagi ada yang tersebar karena makiannya di Twitter ditanggapi langsung oleh selebritas yang dimaki. Dalam ruang-ruang internet yang anonim, nama-nama mereka datang dengan penuh hiruk-pikuk, kemudian perlahan pergi dengan senyap. Sekali menggelegar kemudian esok kembali terlupa. Yang terekam bukanlah nama, atau siapa, tapi apa yang diperbuatnya dalam sekali itu saja. (Bersambung)

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tulisan Pradipa P. Rasidi tersebut telah dimuat di berandainovasi.com. Pradipa adalah satu alumni klinik menulis Tempo Institute 2015. Tahun ini Tempo Institute kembali membuka berbagai Klinik Menulis dan juga Seminar Menulis.  Informasi selengkapnya kunjungi www.tempo-institute.org atau telp 021-5482132, ext 495, 496 dan Martin (HP. 081396753211). Anda juga bisa email melalui adm@tempo-institute.org

Ikuti tulisan menarik TEMPO INSTITUTE Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler