x

Iklan

Rusmin Sopian

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Ekawati, Srikandi Lingkungan Dari Selatan

Kiprah Ekawati sebagai penggiat lingkungan dan istri Bupati

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kalau suatu hari anda datang ke Kota Toboali, Bangka Selatan dan melihat kelompok Ibu-ibu yang asyik membersihkan sampah dijalanan, maka anda jangan kaget kalau dalam kelompok Ibu-ibu itu ada Ekwati Justiar Noer yang merupakan istri Bupati Bangka Selatan H. Justiar Noer.

Ekawati sangat dikenal masyarakat sebagai penggiat lingkungan dibandingkan dengan kapasitasnya sebagai ketua PKK Kabupaten Bangka Selatan. Tak heran bila masyarakat dan kelompok pecinta lingkungan di bangka Selatan sangat akrab dengan ibu satu orang putra ini.

Bersama Indonesia Solid Waste Association (INSWA), organisasi profesi yang bergerak dibidang menejemen dan pengolahan sampah, Ketua PKK Kabupaten Bangka Selatan ini menjadi anggota tim penilai nasional Adipura khusus untuk kota-kota kecil.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jebolan Institute International IHE Delf Belanda mengungkapkan sampah bila dikelola dengan benar dan baik akan memberi nilai tambah bagi masyarakat bahkan bisa menambah penghasilan keluarga.

Ekawati sangat merindukan suatu waktu Kabupaten bangka Selatan bukan hanya mampu meraih Adipura sebagai lambang keberhasilan daerah dan masyarakat dalam menata kelola lingkungan dan kebersihan,namun sampah yang ada mampu mmberikan nilai tambah bagi masyarakat.

Ekawati mengungkapkan bahwa sampah bukan musuh tapi justru bisa dikonversikan menjadi sesuatu yang berguna yang kalau dikelola dengan benar dan baik akan memberi dampak positif bagi masyarakat.

Tak heran dalam Hari sampah tanggal 21 februari minggu lalu,Ekawati mampu menggalang 83 komunitas peduli sampah di Bangka Selatan untuk ikut menggelorakan kegiatan Hari sampah nasional.

Tentunya kita berharap gerakan dari Ketua PKK Kabupaten bangka Selatan ini akan mendapat respon positif dari masyarakat dan tentunya dari Kementrian Lingkungan Hidup. Selamat bekerja Ibu Bupati. (Rusmin)

 

 

Ikuti tulisan menarik Rusmin Sopian lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu