x

Warga menanti saat berbuka puasa di pelataran Masjid Terapung Amirul Mukminin, Anjungan Pantai Losari, Makassar, 17 Juni 2016. Warga memilih ngabuburit di lokasi ini karena bisa sambil menikmati matahari tenggelam. TEMPO/Fahmi Ali

Iklan

Redaksi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Puasa Para Ritualis

Dalam hadis lain disebutkan, "Banyak orang yang berpuasa, tetapi tidak memperoleh apa-apa selain lapar dan haus, dan banyak orang yang bangun di malam hari

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Suryana Sudrajat

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pengasuh Balai Pendidikan Pondok Pesantren Darul Ihsan, Anyer

Peringatan Nabi selalu kepada orang-orang yang berpuasa. Bukan kepada yang sebaliknya. Soalnya jelas: sejak semula wajib puasa itu disertai harapan "....agar kamu bertakwa." (QS 2:183). Dengan begitu, tidak sendirinya orang yang berpuasa menjadi orang yang saleh dan bertakwa. Ibadah dengan cara mengosongkan perut dari makanan dan minuman ini adalah sarana, bukan tujuan, yang dengan itu orang dapat memperoleh manfaat moral dan spiritual.

Sabda yang mengingatkan bahwa melaparkan dan menghauskan diri itu tidak ada gunanya adalah, "Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan yang keji (dusta) dan melakukan kejahatan (kepalsuan), Allah tidak akan menerima puasanya, sekalipun ia telah meninggalkan makan dan minum." (HR Bukhari, Muslim, dan Ahmad).

Dalam hadis lain disebutkan, "Banyak orang yang berpuasa, tetapi tidak memperoleh apa-apa selain lapar dan haus, dan banyak orang yang bangun di malam hari tetapi tidak memperoleh apa-apa selain berjaga malam saja."

Kedua hadis itu mengisyaratkan bahwa orang yang berpuasa akan mencapai kualitas moral jika ia mampu menjaga dirinya dari perbuatan keji dan jahat.

Dalam banyak hadis, Rasulullah memberi petunjuk kepada orang-orang yang berpuasa agar banyak melakukan kebaikan. Diriwayatkan dari Ibn Abbas bahwa pada bulan Ramadan tak seorang pengemis pun yang kembali dari pintu rumah Nabi dengan tangan hampa, dan budak-budak pun memperoleh kemerdekaan dari beliau. Jadi, secara moral, puasa juga merupakan ibadah simbolik untuk mengembangkan solidaritas kemanusiaan.

Tujuan puasa juga untuk memperkokoh rohani atau kualitas spiritual. Rasulullah bersabda, "Barangsiapa menjalankan puasa dengan penuh iman dan ihtisab, maka akan diampuni semua dosanya di masa lalu." Ihtisab adalah sikap seorang muslim yang hanya mengharap rida Allah. Jadi, jika seseorang menjalankan puasa dengan kedua prinsip ini, maka seluruh dosanya di masa lalu akan diampuni.

Pertanyaannya sekarang: apakah manfaat dari ritus ibadah sunyi itu telah mewujud dalam kehidupan sehari-hari muslim? Jika kita lihat fenomena bangkitnya kegairahan keberagamaan, yang juga terlihat jelas selama Ramadan, apakah hal itu juga merefleksikan kesadaran moral dan spiritual umat Islam?

Tidak sedikit yang mengatakan bahwa fenomena kegairahan keberagamaan Islam baru bersifat ritualistik. Para ritualis ini pada umumnya menganggap tidak ada hubungan yang signifikan antara agama, yang dipahami sebagai keibadahan, dan masalah-masalah sosial. Selain itu, ada ritualis yang dengan sadar mengumpulkan pahala akhirat melalui berbagai ibadah formal. Mereka berkeyakinan, dosa sosial bisa mereka tebus dengan berbagai ibadah mahdah, seperti umrah yang sering dilakukan oleh para petinggi negeri.

Juga terdapat para ritualis yang sengaja membelah antara kerja duniawi, yang punya kecenderungan menoleransi dosa, dan amal akhirat yang dianggap bisa menghapuskannya. Keyakinan semacam ini tentu saja berlawanan dengan prinsip bahwa semua amal baik pun punya syarat tertentu agar bisa diterima Allah.

Itulah puasa para ritualis yang, seperti dikatakan Nabi, tidak beroleh apa pun kecuali lapar dan dahaga. Itu pula kiranya mengapa Nabi selalu mewanti-wanti kepada mereka yang berpuasa. Bukan kepada yang tidak puasa, apalagi pemilik warung yang buka di bulan puasa.

Ikuti tulisan menarik Redaksi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler