x

Iklan

akbar sugiyanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

5 Pesan Jantung untuk Hidup Sehat Sekarang dan Nanti

Pernahkah kamu membayangkan jika jantungmu dapat berbicara apa yang akan ia katakan?mungkin ia akan berkata seperti ini..

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pernahkah kamu membayangkan jika jantungmu dapat berbicara apa yang akan ia katakan? mungkin ia akan berkata seperti ini..

Hai anak muda, aku adalah jantungmu, aku bekerja sehari semalam untuk menjagamu agar kamu tetap hidup, mulai kamu lahir bahkan disaat kamu tidur aku tak pernah tidur dan selalu berdetak untukmu.Engkau mungkin tidak sadar akan keberadaanku, tapi sebenarnya aku sangat berarti bagimu. Tanpa mata kamu tak bisa melihat, tanpa telinga kamu tidak bisa mendengar, dan tanpa pita suara kamu tak bisa bicara, walau begitu kamu masih bisa hidup. Coba bayangkan hidupmu tanpa aku? mungkin kamu sudah meninggal dan menjadi tanah. Tanpa bermaksud mengancammu sesungguhnya aku sangat menyayangimu, setiap detik aku berdetak tanpa pamrih dan tanpa engkau sadari aku memberimu kehidupan yang engkau jalani,hai pemuda coba dengarkan 5 pesanku ini untuk kebaikanmu sekarang dan nanti:

Jangan racuni aku dengan rokokmu

Anak muda jangan racuni aku, tegakah kamu menyakiti aku?aku yang telah bekerja keras selama ini untukmu tapi tak sedikitpun berterima kasih malah kamu meracuniku. Aku tahu rokokmu membuat perasaanmu menjadi lebih baik, tapi tolonglah sedikit berkorban untukku. Cobalah sedikit merasakan apa yang aku rasakan ketika asap rokokmu masuk kedalam tubuh sungguh sangat sakit rasanya. Paru-puru juga berpesan padaku agar kamu hentikan rokokmu. Jika engkau tak bisa berhenti merokok, tolonglah kurangi konsumsi rokokmu sedikit demi sedikit sampai akhirnya kamu bisa berhenti. Aku ingin sekali kamu sedikit menyayangiku, memperhatikanku seperti kamu memperhatikan keluargamu.

Makanlah makanan yang sehat untuk ku

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pemuda, Aku tahu makananmu pengisi tenaga dan  pembangkit semangatmu, akupun tidak mengeluh engkau memakan makanan yang enak tapi tolong jangan engkau masukan makanan sampah ke dalam tubuhmu,  makanan yang tidak bergizi yang hanya memanjakan lidahmu. Pemuda, engkau adalah apa yang engkau makan maka makanlah makanan yang sehat, aku sangat suka ketika engkau memakan buah-buahan yang bagus untuk kesehatan ku, janganlah memakan sesuatu yang tidak bergizi apalagi makanan yang dapat membahayakanku, biasakanlah kamu mengkonsumsi makanan yang sehat, karena apa yang kamu makan sangat berarti bagiku.

Olah raga demi kesehatanku

Pemuda kamu jangan hanya diam, aku tahu kamu lelah dengan pekerjaanmu dan ingin beristirahat diwaktu liburmu, tapi aku sangat suka ketika kamu berolahraga. Teringat dulu waktu masa kecilmu, aku sangat senang menemanimu berlari dan bergerak lincah, tapi sekarang kau malah membiarkan tubuhmu diam tak bergerak. Aku ingin sekali kamu kembali bergerak, rasanya ketika kamu bergerak akupun ikut bersemangat dan ketika engkau berlari akupun serasa muda lagi. Janganlah malas, luangkanlah waktumu setidaknya seminggu sekali untuk berlari demi kesehatan ku.

Berbahagialah Untukku

Aku tahu beban hidupmu membuat kamu tertekan dan stress, tapi pemuda ketika kamu stress tidak akan membuat keadaanmu menjadi lebih baik.  Ketahuilah ketika kamu berbahagia akupun merasakan kebahagiaanmu tapi ketika kamu tertekan dengan pekerjaanmu detakku rasanya semakin berat, aku merasakan beban hidupmu dan kesedihanmu. Ingatlah ketika kamu didalam kondisi yang sangat sulit tetaplah bersyukur karena kamu masih diberi kehidupan dan aku setia berdetak menemanimu.

Rawatlah aku sebaik mungkin

Aku tahu kamu sibuk, pekerjaanmu sangat penting karena dengannya kamu bisa menafkahi keluargamu, tapi luangkanlah sedikit waktumu untukku. Rajinlah periksakan kesehatanku  secara rutin dan ketika aku merasakan  sakit cepatlah kamu kedokter, jangan engkau tunda apalagi sepelekan sakit yang aku rasakan, sakitku merupakan pertanda bagimu bahwa selama ini engkau telah salah menjalani hidup dan teguran agar engkau selalu merawatku dengan baik.

pemuda, kamu tidak akan tahu kapan maut menjemputmu, siap ataupun tidak dia akan datang menemuimu. Lihatlah mereka yang telah banyak meninggal di usia 30an karena serangan jantung. dan coba bayangkan jika maut datang diusiamu yang masih 30 tahun karena aku tak sanggup lagi berdetak untukmu dan disaat itulah kamu meninggalkan anak-anak mu yang yang masih kecil, istri yang engkau sayangi dan harta yang selama ini kau kejar dengan mengabaikan kesehatanmu. Aku selalu ingin bersamamu, menemani langkahmu bahkan jika maut menjeput aku tidak mau kamu mati karena AKU. Tapi aku hanyalah jantung,  kesehatanku  tergantung dari kebiasaanmu, apa yang engkau makan dan bagaimana engkau merawatku. Jika engkau menyayangi dirimu dan keluargamu jalankan 5 pesanku ini untuk kebaikanmu sekarang dan nanti.

Artikel Ini dilombakan di: Yayasan Jantung Indonesia "gaya hidup sehat untuk jantung sehat"

Sumber: http://aneka-info.com/5-pesan-jantung/

Ikuti tulisan menarik akbar sugiyanto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu