x

Iklan

Aye Sudarto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Tim Pemantau Mengantar Kerja Layak PRT

Kerja layak bagi PRT suatu keharusan. Negara harus mernjamin setiap warganegara mendapatkan pekerjaan yang layak, pun PRT

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Team pemantau Pekerja Rumah Tangga (PRT) pada wilayah Iring mulyo Kecamatan Metro Timur telah melaporkan hasil pemantauan terhadap keberadaan PRT di wilayah kerjanya. Hasil pemantauan sebagaimana disampaikan bapak Nyoman Darmandi, PRT bekerja di wilayah domestik, terisolasi dan sulit dipantau oleh pihak lain, termasuk pengawas ketenagakerjaan. Keberadaan PRT memerlukan strategi bagaimana agar pekerjaan di sektor domestik bisa dipantau, sehingga bisa melakukan pencegahan dan penanganan terhadap permasalahan rentanitas dari kekerasan dan ekspolitasi.

Pemantauan dapat dijadikan sebagai sistem yang dapat mendeteksi situasi PRT/PRTA. Sistem ini dapat digerakkan untuk pemantauan situasi kerja, sehingga mampu berfungsi untuk mencegah terjadinya PRTA dan mempromosikan terhadap kerjalayak bagi PRT. Demikian disampaikan pak Nyoman dalam Reviu pemantauan PRT di  Aula Kecamatan Metro Timur pada hari Selasa, 31 Januari 2017

Taufik Chalil sebagai team Pemantau dan Tokoh Pemunda menyatakan: Dalam pemantauan PRT di wilayah Iring Mulyo sebagai pilot Program memang sudah tidak diketemukan PRTA pun demikian masih ditemukan 10 PRT yang bekerja semenjak anak anak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam gerakan penanggulangan pekerja anak, pemantauan merupakan pendekatan untuk memastikan ada dan tidaknya pekerja anak. Pemantauan sebagai sistem yang bekerja secara teratur pada tempat di mana anak perempuan dan anak laki-laki dimungkinkan bekerja. Pemantauan ini dilakukan sebagai proses yang aktif untuk menjamin adanya pengamatan pada suatu tempat dimana dimungkinkan adanya pekerjaan anak dan dilakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan (stakeholders) dalam penanganan keberadaanya dengan cara yang tepat. Demikian Imbuh taufik.

Pemantauan ini dilakukan untuk memastikan bahwa masyarakat tidak lagi mempekerjakan anak. Hal inisebagai bentuk pengawasan aktif pada pekerja anak di tingkat lokal untuk mendukung adanya sistem rujukan yang menghubungkan antara layanan yang tersedia dengan ekspekerja anak.

Komunitas merupakan suatu unit atau kesatuan sosial yang terorganisasikan dalam kelompok-kelompok dalam kepentingan bersama (communities of common interest), baik yang bersifat fungsional maupun yang mempunyai territorial. Demikian kata Aye Sudarto.

 

Hal yang bisa menjadi contoh seperti warga sebuah dusun (dukuh atau kampung), desa, kota, suku. Komunitas sebagai bagian masyarakat (society) yang memiliki ciri tentang perhatian bersama (a community of interest) dan anggota komunitas yang memiliki kebutuhan bersama (common needs) manjadi kelompok strategis yang dapat berperan dalam pemantauan keberadaaan PRT/PRTA. Keberadaan PRT/PRTA yang diidentifikasi di wilayah private dan tersembunyi dapat dipantau secara periodik dan berkesinambungan oleh komunitas. Hal ini akan menjadi langkah untuk pencegahant erjadinya PRTA padakomunitas,  memberikan alternantif perlindungan dari tindakan kekerasan dan eksplotasi pada  PRT/PRTA di wilayah komunitas. Imbuh Darto

 

Kegiatan ini di dukung oleh Internasional Labour Organsation (ILO), Jaringan LSM Penanggulangan Pekerja Anak (Jarak) Jakarta, Lampung Membangun (Lambang). Disnaker Trans kota Metro.

Ikuti tulisan menarik Aye Sudarto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler