x

Iklan

Labuan Hati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Tiga Perempuan, Satu Pria

Aktor Ramon Y. Tungka merasa menjadi lelaki yang sangat beruntung karena diperebutkan tiga perempuan cantik.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di balik Film Labuan Hati

Aktor Ramon Y. Tungka merasa menjadi lelaki yang sangat beruntung karena diperebutkan tiga perempuan cantik. Ketiga perempuan tersebut berlomba-lomba merebut hatinya dan menjadi nomor satu di hadapannya. Suami dari Qory Sandioriva itu mengatakan banyak yang tidak suka dengan dirinya. “Seluruh kru benci sama saya karena saya harus bekerja sama dengan lima wanita cantik (yang terdiri dari sutradara dan ketiga pemain serta penulis skenario yang semuanya merupakan perempuan),” kata Ramon sambil bercanda. Dalam film terbaru besutan sutradara Lola Amaria, Ramon akan beradu akting dengan Nadine Chandrawinata yang berperan sebagai Indi, Kelly Tandiono sebagai Bia, dan Ully Triani sebagai Maria. Sementara penulis skenario film yang bertajuk Labuan Hati tersebut adalah Titien Wattimena.

Film Labuhan Hati berkisah tentang kisah tiga perempuan yang mempunyai konflik batin masing-masing dan berupaya menemukan jawaban atas kegalauan mereka. Mereka bertiga dipertemukan di Labuan Bajo kemudian menjalin persahabatan akrab karena bertualang dan menjelajahi Kepulauan Komodo bersama. Persahabatan tersebut terancam karena kehadiran sosok Mahesa yang diperankan oleh Ramon Y. Tungka. Ketiga perempuan tersebut terlibat dalam perang dingin gara-gara ingin mendapat perhatian Mahesa.

Tidak hanya mengangkat cerita tentang wanita dengan sudut pandang masing-masing, Labuhan Hati meramu konflik tiga wanita tersebut dengan keindahan latar yang menawan. Pengambilan gambar 100 persen dilakukan di daerah Labuhan Bajo serta Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Berperan sebagai Mahesa dalam film tersebut, Ramon menjadi seorang instruktur menyelam terlatih yang biasa menemani para turis yang hendak menikmati keindahan bawah laut Labuan Bajo. “Peran saya sebagai akamsi (anak kampung sini), jadi saya tahu banget soal seluk beluk Flores,” jelas Ramon.

Untuk mendalami perannya sebagai warga asli Flores, Ramon ‘dipaksa’ sutradara Lola Amaria untuk melakukan banyak hal. Karena berperan sebagai intruktur diving profesional, maka Ramon dituntut menngkatkan skill menyelamnya. Meskipun sudah punya lisensi menyelam, tapi Ramon harus mengejar lisensi yang lebih tinggi lagi. “Saya di push untuk mencapai kemampuan dive master, scuba, underwaternya juga. Karena memerankan akamsi saya dituntut harus jago free dive,” imbuh pria kelahiran 2 Juni 1984 tersebut. Untuk meningkatkan kemampuan menyelamnya, Ramon harus menjalani latihan intens free dive bersama Ully Triani pemeran tokoh Maria.

Selain itu Lola Amaria juga memaksa Ramon merombak penampilannya agar sesuai dengan karakter Mahesa. Ramon Y. Tungka dikenal dengan rambutnya yang sering nampak panjang sebahu. Namun demi film Labuan Hati, ia rela memangkas rambut kebanggaannya tersebut. “Saya mau memotong rambut karena tergantung ceritanya apa, sutradaranya siapa. Pas dikasih tahu sutradaranya Lola Amaria, saya main iya aja,” ungkap Ramon.

Tak hanya dituntut belajar menyelam dan memotong rambut, Ramon juga ‘dipaksa’ menurunkan berat badannya.  Ia banyak melakukan olahraga dan menjaga porsi makanan demi sesuai dengan karakter yang dimainkannya sebagai Mahesa. Ramon dibantu oleh Kelly Tandiono yang telah menjalani pola hidup sehat. Kelly mengatur dan mengontrol porsi makanan dan apa saja yang boleh dimakan. “Saya hanya makan sayur tanpa garam, buah, air putih, kopi atau teh tanpa gula. Saya juga rutin berolahraga pagi dan sore.” cerita Ramon.  Usahanya tersebut membuahkan hasil. Berat badannya turun 15 kilogram. “Pertama kali bertemu Mbak Lola, berat badan saya 78 kilogram, sekarang 65 kilogram,” ungkapnya. Kebiasaan sehat tersebut terbawa dalam kesehariaannya. Keterlibatannya dalam film ini membuat Ramon mengaku terbiasa menjalani perilaku hidup sehat. Ia tidak lagi mengonsumsi nasi dan menggantinya dengan makanan lain yang lebih berserat. “Gara-gara film ini saya jadi menata hidup dengan pola makan sehat,” ungkap Ramon.

Setelah melakukan semua permintaan Lola mulai dari belajar menyelam, memotong rambut, dan menguruskan badan, sosok Ramon sebagai Mahesa akhirnya berhasil menyihir mata ketiga perempuan cantik yang bertualang bersamanya di Labuan Bajo. Sosok Mahesa menyeimbangkan sisi feminin tiga wanita tersebut dengan berbagai konflik yang mengiringi ketiganya. Meskipun harus diminta macam-macam demi mendalami peran, Ramon merasa tidak keberatan. Bahkan ia mengaku puas dan bangga bisa terlibat dalam film Labuan Hati bersama Lola Amaria. Film ini merupakan proyek pertamanya dengan Lola. Baginya, berkesempatan main di film bersama sosok yang dikaguminya merupakan hal yang luar biasa.

Saksikan penampilan Ramon Y. Tungka dalam film Labuan Hati di bioskop kesayangan Anda, yang akan mulai tayang tanggal 6 April 2017. Saksikan bagaimana ketiga perempuan cantik yaitu Nadine Chandrawinata , Kelly Tandiono serta Ully Triani berebut satu pria.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik Labuan Hati lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu