x

Iklan

Aye Sudarto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Ini Kecelakaan-kecelakaan Kerja yang Bisa Dialami Pekerja Rumah Tangga

Jenis jenis kecelakaan kerja di rumah tangga banyak dijumpai tergantung pada jenis pekerjaan yang dilakukan dan pada umnya disebabkan oleh karena keceroboh

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jenis jenis kecelakaan kerja di rumah tangga banyak dijumpai tergantung pada jenis pekerjaan yang dilakukan dan pada umnya disebabkan  oleh karena kecerobohan, kelalian hingga dapat menimbulkan cacat atau kerugian yg lain.

Pembersihan rumah tangga terdiri dari: (a) Menyapu: waktu menyapuakan timbulkan keluhan pada punggung, tangan, bagi rumah-rumah mewah  kegiatan ini dilakukan dg memakai alat listrik seperti vacum cleaner. Kegiatan ini dp menimbulkan kecelakaan tersengat listrik bila tangan basah dan kawat listrk yg terkelupas. (b) Mengepel Lantai . Kegiatan ini menimbulkan keluhan pada tangan, pinggang, punggung. Resiko kecelakaan dp terjadi seperti jatuh dilantau karena licin (c). Membersihkan dinding rumah; dilakukan dengan menngunakan sapu dan tangga untuk memanjat. keluhan yg dijumpai pegal pada leher,.Kecelakaan dapat terjadi karena terjatuh dari tangga pada waktu membersihkan dinding.

Mencuci Pakaian. Resiko kecelakaan adalah tergelincir oleh lantai licin. tersengat listrik bahkan terjatuh kedalam sumur. pada rumah bertingkat yg menjemur pakaian di lantai atas resiko kecelakaan dapat terjatuh atau tergelincir pd waktu menjemur dr atas. Menyedikakan makanan dilakukan sejak bangun pagi sampai malam hari, mulai belanja menyediakan diatas meja. Proses menyediakan makanan: berbelanja dilakukan di kedai atau dipasar dg berjalan atau naik kendaraan dg membawa beban belanjaan. Waktu berbelanja resiko kelelahan akibat membawa beban kecelakaan akibat terjatuh dr kendaraan dan kena tabrakan lalulintas. Mengolah makanan. Resiko kecelakaan yang dapat terjadi ;erpotong pisau, tertusuk benda tajam, tersengat listrik waktu memakai blender. Memasak makanan. resiko kecelakaan yg terjadi antarlain terterbakar kena api kompor, ledakan kompor, atau sengatan listrik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menyetrika pakaian. Resiko kecelakan antara lain: terbakar, tersengat listrik dari kabel terkelupas. #PRT perludiperhatikan dan disejahterakan dan dipastikan aman dalam bekerja sebab keberhasilan suatu pekerjaan baik dikantor maupun luar kantor dipengaruhi secara langsung ataupun tidak langsung oleh keberadaan #PRT. Pekerjaan yg dilakukan sejak bangun pagi hingga berangkat tidur memerlukan kondisi kesehatan yg prima.  Bila kesehatan menurun atau sakit akan memengaruhi PRT seperti terjadinya kecelakaan kerja atau berakibar kematian. Resiko kecelakan kerja atau kematian di rumah tangga dapat dicegah dg mengetahui faktor-faktor penyebab penyebab.  dengan resiko yg begitu besar sudah selayaknya sektor #PRT tidak dimasuki oleh anak #PRTA. stop #PRTA. Berikan hak anak anak untuk tumbuh kembang. Menuju Indonesia bebas Pekerja Anak tahun 2022

Ikuti tulisan menarik Aye Sudarto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler