x

Iklan

Leny Suryani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Kami Membuka Sejarah Koperasi Pekerja Rumah Tangga (PRT)!

Ini pertama kalinya didirikan di Indosesia untuk Koperasi Pekerja Rumah Tangga, dan kami membuka sejarah untuk itu dari tanggal 2-3 September 2017

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Program Pendampingan Pembentukan Koperasi Pekerja Rumah Tangga SPDPRT Sapulidi, IPDPRT Sapulidi dan JALAPRT. Program diinisiasi oleh International Labour Organization (ILO) Jakarta. Hari ini pembahasan tentang :

1. Apa itu koperasi?

2. Siapa saja yang bisa menjadi anggota Koperasi PRT

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

3. Dari mana saja modal koperasi di peroleh

4. Apa Jenis usaha koperasi kita

5. Apa hal utama kita SUDAH MILIKI saat ini untuk membentuk koperasi PRT yang Sukses.

Koperasi adalah perkumpulan orang orang yang bersatu secara sukarela untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. Dan koperasi kita beranggotakan terbuka bisa PRT atau bukan PRT dengan catatan mengikuti aturan koperasi. Modal koperasi di dapat dari uang saham/ simpanan pokok anggota. Kita sudah mempunyai anggota, uang iuran dan tinggal merencanakan jenis usahanya.Tujuan koperasi ialah meningkatkan kesejahteraan bersama dengan mengembangkan usaha, bukan hanya ekonomi yang meningkat tapi organisasi juga akan semakin kuat.

Dan kita belajar membuat kanvas dari rencana koperasi yaitu 3 jenis usaha diantaranya Usaha bersih-bersih, usaha jual beli sembako, usaha simpan pinjam. Dan kita dibagi menjadi 3 kelompok:

1. Kelompok Pekerja ( Usaha Jasa Bersih-bersih)

2. Kelompok Rumah ( Usaha Sembako)

3. Kelompok Tangga (Usaha Simpan pinjam).

Dalam belajar membuat kanvas kita bisa belajar apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan usaha koperasi di organisasi, dari segi modal usaha, keuntungan serta kerugian yang perlu dipertimbangkan juga.

Sebisa mungkin usaha koperasi yang sedikit faktor kerugiannya, karena kerugian akan di tanggung bersama. Biaya pengeluaran dan pemasukan serta mengembangkan usaha koperasi juga sangat penting untuk diperhatikan dan dipertimbangkan.Setelah membahas dan memahami arti koperasi serta menentukan gambaran tentang jenis usaha yang akan di kembangkan. Lalu kita semua membentuk kepengurusan Koperasi dan bidang -bidang usahanya, diantara kandidat- kandidat yang sudah terpilih di rapat tgl 27 Agustus ada 7orang pengurus di bidang koperasi.

Dari 7orang pengurus yang terpilih kita adakan voteing dan seleksi lagi untuk menentukan siapa yang menjadi Ketua, Sekertaris, dan Bendahara. Pemilihan pengurus bisa dilakukan dengan cara mengadakan rapat untuk pemilihan pengurus ,dan juga bisa dilakukan cara voteing. Kali ini karena kita membutuhkan susunan kepengurusan untuk koperasi maka voteing kita lakukan, karena merupakan jalan tercepat untuk menentukan pilihan, seperti yang kita lakukan hari ini. Calon-calon yang dipilih tentunya yang memenuhi kriteria dan dianggap mampu menjalankan tugas sesuai jabatan masing-masing.

Dan setelah semua peserta rapat memberikan suara pada masing-masing jabatan tiba waktunya menghitung suara terbanyak untuk kepengurusan sebagai berikut :

#KetuaKoperasi

Jatuh kepada( Misgiyati)

#Sekertaris

Jatuh kepada (Legini.D)

#Bendahara

Jatuh kepada (Ajeng Astuti)

Selamat buat para pengurus yang terpilih, kalian bisa!!!!

Buat kandidat yang tidak masuk kriteria jabatan diatas tetap mempunyai tanggungjawab di koperasi yaitu di bidang unit usaha koperasi yang akan kita dirikan, jadi semua kandidat mempunyai tanggungjawab semua. Unit usaha koperasi kita ada 3 dan masing-masing unit ada pengurusnya yaitu

1. #UsahaSimpanPinjam (Simpin)

Pengurus: (Dewi Sumiati)

(Sukini)

(Anjarwati)

(Casriyah)

(Winarsih)

2. #PengadaanSembako

Pengurus : Siti Nur Aulliya

:( Amini S)

: (Haryani)

:Sulartin

3. #LayananBersihBersih ( Labebe)

Pengurus: ( Nurhasanah)

: (Lilik S)

Selamat buat pengurus yang bertanggung jawab di masing-masing unit usaha koperasi.

Setelah Koperasi mempunyai kepengurusan dan sudah memilih unit usahanya mereka langsung membuat rancangan untuk dua Minggu kedepanya. Mereka di bantu dengan pengurus bidang pengorganisasian yaitu: Saya sendiri, Oom Umiyati, Rahayu Pariyati, Diah M Zaenudin, Niken Niken, Sriarshinta Fransiska, Ani Anisa, Cyah Fauziah

Pengorganisasian juga berperan penting dalam kegiatan koperasi karena akan menguatkan koperasi serta organisasi dengan mengorganisir kawan-kawan PRT dan mengkampanyekan kerja layak serta mengenalkan koperasi Pekerja Rumah Tangga yang didirikan oleh SPDPRT Sapulidi, IPDPRT Sapulidi dan JALA PRT

Semoga kerjasama semua tim dan pengurus akan terjalin dan kompak selalu agar koperasi PRT segera terwujud dan berkembang. Sekali lagi selamat buat pengurus yang terpilih dan Selamat Terbentuknya Koperasi Pekerja Rumah Tangga.

PRT Belajar Bekerja Berbagi Berjuang Bersama Untuk Kerja Layak dan Keadilan

#WorkshopKoperasi

#PRTadalahPekerja

#PRTBerorganisas

#ILOJakarta

#Jalaprt

Salam Perubahan

Leni Suryani

(Anggota SPDPRT Sapulidi)

Ikuti tulisan menarik Leny Suryani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB