x

Iklan

Diyanawati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Setumpuk Pekerjaan, Sejuta Harapan (Pekerja Rumah Tangga)

Kondisi berat yang dihadapi PRT semakin menunjukan betapa pentingnya berorganisasi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Matahari pagi mulai menampakkan sinarnya, begitu pula para ibu rumah tangga yang berprofesi merangkap sebagai pekerja rumah tangga. Sebelum berangkat bekerja mereka menyiapkan segala sesuatu di rumahnya untuk keperluan keluarganya. Dari mulai menyiapkan sarapan, mencuci, menyapu, membereskan tempat tidur hingga mengantarkan anak ke sekolah. Setelah merasa pekerjaan di rumah sendiri sudah beres, mereka pun bergegas pergi ke tempat kerjanya. Disana setumpuk pekerjaan sudah menanti seperti; mencuci, menyetrika,  membersihkan kamar mandi, menyapu, mengepel, memasak, dan masih banyak lagi. Apalagi PRT yang menginap bagi mereka hanya sedikit waktu untuk beristirahat. Sering sekali banyak pekerjaan yang akan dia lakukan atas suruhan majikan, tak jarang waktu istrahat mereka digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda karena mereka harus mengerjakan pekerjaan yang bukan atau di luar pekerjaan. Namun bagi mereka para pekerja rumah tangga(PRT), tidak bisa menolak perintah tersebut, karena takut kalau menolak nanti bisa dipecat dari pekerjaannya.

Padahal waktu istrahat sangatlah penting bagi PRT untuk sejenak melepas rasa lelah, dan letih. Dalam benak mereka terkadang ingin sekali berkumpul bersama keluarga ketika hari libur tiba. Namun dengan banyaknya pekerjaan dan tidak ada hari libur mingguan untuk PRT menjadikan para pekerja rumah tangga ini banyak kehilangan waktu untuk keluarganya, terutama untuk PRT yang menginap. Mereka tidak berani untuk bernegosiasi dengan majikan untuk sehari saja melepaskan rasa penat dan lelahnya dengan berlibur bersama teman atau saudara. Banyak diantara mereka yang jatuh sakit karena merasakan beratnya beban kerja yang dialami tanpa ada jam istrahat yang cukup bagi PRT.

PRT yang umumnya kebanyakan adalah perempuan juga mengalami masa dimana ketika menstruasi merasakan sakit yang amat sangat disekitar perut. Namun karena tuntutan pekerjaan terpaksa mereka menahan rasa sakit itu. Padahal itu sangat berbahaya dan akan mengganggu pekerjaannya sebagai PRT. Dengan itu penting sekali ada cuti haid untuk PRT  ketika mengalami rasa sakit . Mereka berharap dengan setumpuk pekerjaan yang dikerjakan ada banyak harapan yang mereka dapat, selain mendapatkan upah yang layak . Pekerja rumah tangga yang kebanyakan datang dari daerah untuk merantau berharap dapat membantu kebutuhan ekonomi keluarganya. Mereka meninggalkan keluarga di kampung untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan ketrampilan yang mereka miliki. Banyak yang menganggap bekerja sebagai PRT adalah pilihan terakhir ketika mereka tidak mendapat pekerjaan yang mereka anggap layak. Padahal menjadi PRT itu juga butuh banyak ketrampilan misalnya, ketrampilan dalam memasak dan mencuci.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Penting sekali untuk para PRT berorganisasi, agar mereka bisa bernegosiasi dengan majikan untuk mendapatkan hak- haknya sebagai pekerja. Selain itu mereka juga berjuang untuk mendapatkan perlindungan hukum dengan mendesak pemerintah mengesahkan Undang-undang perlindungan untuk Pekerja Rumah Tangga. Karena sering sekali kita mendengar kekerasan yang dialami oleh PRT karena disiksa oleh majikan, keluarga, atau pun teman dekatnya. Namun karena belum ada perlindungan bagi PRT itu sendiri mengakibatkan hal-hal itu sering mereka alami dan kebanyakan proses hukumnya hanya sampai di kepolisian tanpa adanya kejelasan.

Sesungguhnya status PRT itu sendiri adalah sama seperti pekerja lain, seperti buruh ataupun PNS. Mereka sama-sama memiliki pekerjaan, upah/gaji dan atasan (majikan). Bedanya PRT bekerja di dalam, kalau buruh dan PNS bekerja di luar rumah. Seandainya banyak pihak yang mau berkonstribusi dan mau berperan aktif dalam tercapainya hidup layak bagi pekerja rumah tangga, mungkin kekerasan maupun ketidakadilan yang selama ini terjadi akan semakin kurang jumlahnya. Harapan para pekerja rumah tangga adalah segera disahkannya Undang-undang yang mengatur perlindungan bagi pekerja rumah tangga. Jangan hanya memberikan mereka setumpuk pekerjaan, namun sejuta harapan mereka tidak dihiraukan.

Diyanawati

Pengurus Operata Sedap Malam

 

Ikuti tulisan menarik Diyanawati lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler