Memahami Makna Cinta Pertama lewat Gendongan Bayi
Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIBGendongan bayi merupakan jalan bagi seorang manusia memahami perpindahannya dari kehidupan alam rahim ke alam dunia.
Gendongan bayi merupakan jalan bagi seorang manusia memahami perpindahannya dari kehidupan alam rahim ke alam dunia. Melalui gendongan bayi, seorang ibu tidak hanya dapat beraktivitas dengan tetap menggunakan dua tangan sambil menggendong bayinya. Lebih dari itu, gendongan bayi adalah sarana mengantarkan perjalanan sang buah hati menapaki kehidupan.
Lewat gendongan bayi, manusia mengenal dan meresapi cinta. Gendongan bayi membantu bayi bersandar pada dada dan punggung ibu dengan nyaman. Dalam dekapan gendongan, seorang anak manusia mencium harum, merasakan suhu tubuh dan detak jantung ibu. Merasakan perlindungan dan memahami makna cintanya.
Gendongan bayi punya makna esensial tentang kasih sayang yang mempererat hubungan ibu dan anak dengan fungsi melindungi. Selain itu, gendongan bayi memiliki kekayaan makna budaya. Di seluruh penjuru dunia, khususnya Asia, manusia menggunakan cara dan bentuk gendongan bayi yang berbeda-beda dan berkaitan erat dengan pola asuh anak.
Penggunaan keahlian membordir, menjahit dan pemberian manik-manik memperluas hiasan gendongan bayi, tak hanya menjadi ekspresi dari seni budaya, juga manifestasi konkrit ekspresi kultural dari pengharapan terhadap kesuburan, berkat, dan perlindungan.
Dalam pameran “Fertil, Barakat, Ayom-Budaya Gendongan Bayi” (Fertility, Blessings and Protection- Cultures of Baby Carriers) di Museum Nasional, Jakarta, 20-29 Oktober 2017, Studiohanafi memvisualkan pameran dengan pendekatan etnografi dan membahasakannya dalam display kontemporer agar lebih dekat dengan publik saat ini.
Pameran yang merupakan bagian tur internasional ini terselenggara berkat kerjasama Studiohanafi dengan Museum Nasional Prasejarah-Taiwan (National Museum of Prehistory-Taiwan) dan Museum Nasional Indonesia.
Sebanyak 27 karya koleksi gendongan bayi dari National Museum Of Prehistory (NMP) akan diboyong ke Indonesia bersanding dengan koleksi dari Museum Nasional Indonesia. Setiap karya berisi uraian makna dan filosofi gendongan bayi dari sejarah, makna pola, hingga cara menggendong.
“Salah satu metode yang selalu kami sertakan dalam program-program kesenian, khususnya pameran gendongan bayi ini tak bisa kami luputkan dari penelitian etnografi. Maka, jauh-jauh hari sebelum pameran ini dirancang seperti sekarang, kami dan pihak Taiwan melakukan kerja etnografi selama beberapa waktu di Taiwan” tutur Hanafi yang melakukan riset ke Taitung dan Taipei pada Agustus silam.
Melalui display kontemporer, Hanafi bersama Enrico Halim (Aikon) akan mendesain ruang pamer temporer Museum Nasional Indonesia menjadi bentuk rahim. Tak ada sudut yang tajam. Segalanya lembut, nyaman dan halus.
Pengunjung akan memasuki ruangan dengan lantai kayu yang mengambang. Melihat satu per satu koleksi gendongan bayi, foto, narasi teks budaya, dan video bersama iringan lagu pengantar bayi (lullaby). Ditambah, untuk memperkuat tema sebagai pameran etnografi, pada salah satu ruang akan berisi koleksi gendongan bayi dari Dayak-Kalimantan bersama sosok ibu yang menenun.
Selain gendongan bayi, pameran akan diisi oleh pendamping acara berupa seminar antropologi tentang gendongan bayi Asia dan pola asuh anak di suku-suku asli Indonesia dan Taiwan dengan tiga pembicara sebagai narasumber antropolog, yakni Dr. Tony Rudyansjah, M.A. dan Dr. Dave Lumenta, Ph.D dari Universitas Indonesia, serta Chi-Shan Chang, Ph.D selaku Kurator dari National Museum of Prehistory- Taiwan. Diskusi Seminar Gendongan Bayi Asia akan dilaksanakan pada 20 Oktober 2017, pukul 15.00 WIB, di Ruang Seminar Museum Nasional Indonesia.
“Kami tidak hanya ingin menampilkan pameran tapi juga pengetahuan kepada publik seni Indonesia dan menjalin hubungan yang lebih panjang dengan Taiwan melalui jalan kebudayaan,” ungkap Hanafi.
Museum Nasional Prasejarah-Taiwan (NMP) menyambut baik tur pameran istimewa ke Indonesia berdasarkan misi pertukaran budaya. Gendongan bayi sebagai benda-benda buatan tangan yang amat halus secara bertahap menjadi warisan budaya yang tak ternilai harganya. NMP mengutamakan pilihan potongan-potongan yang sarat akan makna cinta serta berkah tentang kelahiran dan membesarkan anak, dan berharap bisa memberi gambaran dengan baik kepada para pengunjung di Museum Nasional, Indonesia.
Taiwan sebagai titik awal, pameran istimewa ini akan memungkinkan interaksi dan kolaborasi antara seni, budaya masyarakat, lembaga akademik antara Taiwan dan Indonesia. Tujuan pameran ini adalah untuk menyadarkan nilai universal tentang keadaan manusia, “Sejak tali pusar menopang sampai ke gendongan bayi,” tutur Chi-Shan Chang sebagai kurator National Museum of Prehistory-Taiwan.[]
Penulis Indonesiana
0 Pengikut
Pertanggungjawaban Estetik Hanafi dalam 'Fertil Barakat Ayom'
Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIBMemahami Makna Cinta Pertama lewat Gendongan Bayi
Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIBBaca Juga
Artikel Terpopuler