x

Iklan

Ria Wijaya

Perangkai kata demi huruf
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Sebelum Sewa Apartemen Pertama

Sewa apartemen itu tak mudah, biar gampang dapat, yuk tahu tipsnya!

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Entah Anda orang dewasa atau muda yang mencari apartemen pertama, atau penyewa berpengalaman yang butuh tempat baru, cari apartemen disewakan bisa jadi proses yang menyenangkan. Anda mungkin sudah tahu apa yang diinginkan dari apartemen, dan mungkin sudah mengincar di area tertentu.

Tapi, pasti ada beberapa hal yang tidak begitu menyenangkan saat mencari apartemen. Meski menyewa apartemen seringkali lebih murah dan lebih cepat daripada membeli, tapi mendapat persetujuan sewa tidak selalu mudah. Sejumlah hal harus diketahui juga dilakukan untuk mempermudah prosesnya.

Pemilik hunian kadang memerlukan riwayat pembayaran yang baik

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Orang dengan kredit bermasalah sering mengajukan tawaran menyewa apartemen karena mereka tak bisa dapat pinjaman hipotek. Tapi jangan pikir semua manajer apartemen dan pemilik mau menyetujui permohonan. Beberapa apartemen memberi kelonggaran. Tapi, beberapa punya syarat yang ketat.

Persetujuan sewa apartemen memang bergantung pemilik. Tapi memperbaiki masalah kredit, seperti kebiasaan membayar dan melunasi kredit macet, bisa meningkatkan peluang mendapat apartemen. Jikapun tak bisa memperbaiki, jelaskan pada pemilik karena beberapa mungkin memberi keringanan.

Sewa tidak membantu memperbaiki nilai kredit

Pahami bahwa sewa apartemen tak membantu perbaiki laporan kredit. Pemilik hunian adalah kreditor, dan Anda berkewajiban bayar sewa tepat waktu. Tapi, kebanyakan pemilik jarang melapor ke biro kredit. Dengan begitu, membayar sewa apartemen tidak bisa bantu memperbaiki laporan kredit Anda.

Jika Anda ingin memperbaiki nilai kredit, mendaftar kartu kredit atau pinjaman otomatis adalah solusi terbaik. Kreditur pasti ingin memperbarui laporan kredit tiap bulan, dan pembayaran tepat waktu bisa membantu Anda memperbaiki malasah kredit Anda.

Harga sewa apartemen bisa meningkat

Jika Anda menemukan apartemen yang terjangkau untuk disewa, jangan terlalu bersemangat, harga sewa tidak tetap. Menandatangani sewa satu tahun bisa menjamin Anda terbebas dari kenaikan harga. Tapi setelah periode satu tahun, beberapa pemilik apartemen biasanya akan menaikkan harga sewa.

Jika Anda adalah penyewa pertama kali, kenaikan sewa bisa berpengaruh pada finansial. Baiknya, rencanakan kenaikan sewa dan pilih apartemen dengan harga sewa di bawah anggaran sewa Anda.

Kadang, jika Anda tinggal di kompleks apartemen berbasis pendapatan, penghasilan bulanan bisa menentukan harga sewa. Kehilangan pekerjaan, penurunan pendapatan, dan kenaikan gaji, bisa memberi pengaruh saat mencari apartemen.

Menyewa bersama itu mudah tak mudah

Bukan sesuatu yang aneh kalau saat menyewa apartemen pertama kali, Anda harus menyertakan tanda tangan teman sekamar atau orang tua. Pemilik apartemen tak akan keberatan jika ada banyak orang yang terdaftar di perjanjian sewa.

Justru, ada banyak orang dalam perjanjian sewa bisa membantu memenuhi syarat finansial sekaligus meringankan harga. Tapi, situasi bisa berubah dalam waktu satu tahun. Teman Anda ingin keluar dari apartemen, atau rekan yang ikut menandatangani perjanjian mengingkari dan ingin namanya dihapus dari perjanjian.

Tapi jika Anda memilih mengajukan bersama untuk mencari apartemen disewakan, pahami bahwa Anda tidak dapat dengan mudah menghapus nama dari perjanjian sewa. Tiap orang yang menandatangani kontrak tetap punya tanggung jawab atas unit dan pembayaran sewa sampai kontrak berakhir.

Ikuti tulisan menarik Ria Wijaya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB