x

Iklan

Rudi Fitrianto

Pengamat Kebijakan Publik, Politik dan Hukum
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Kebumen Surga Dunia yang Terpendam

Deskripsi Wisata Kabupaten Kebumen

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pernahkah teman – teman mendengar kota Kebumen? Kebumen adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan kabupaten Purworejo dan Banyumas. Jika teman – teman hendak ke Yogyakarta dari Purwokerto, Cilacap maka jalan utama yang dilewati adalah Kabupaten Kebumen. Banyak permata yang terpendam di kabupaten ini, kurang terpublikasikan dan di promosikan. Mungkin bisa dikatakan bahwa Kebumen adalah Balinya Indonesia yang ke II. Kita tahu Pulau Bali sangat terkenal dengan wisatanya terutama pantai dan destinasi lainnya. Kepopuleran bali bahkan menyaingi nama Indonesia. Saya dulu pernah melakukan obrolan cukup singkat dengan orang Amerika Serikat yang kebetulan menggunakan facebook dan mencoba menanyakan pengetahuannya tentang negara lain di luar negara bagian  Amerika, singkatnya saya langsung menanyakan tentang nama Indonesia kepada dia dan diluar dugaan, orang bule ini tidak tahu Indonesia tetapi lebih tahu dengan Bali Island atau Dewata. Mungkin ini salah satu contoh kecil saja nama destinasi wisata tetapi lebih terkenal nama tempatnya daripada nama negaranya.

Seperti halnya Kebumen mungkin untuk beberapa orang juga kurang populer tetapi kalo mendengar nama Gombong pasti kebanyakan orang tahu, karena konon nama Gombong banyak melahirkan artis nasional seperti halnya Alm. Kasino pelawak legendaris Wakop DKI. Kembali ke judul tulisan ini bahwa Kabupaten Kebumen mempunyai destinasi wisata Alam yang luar biasa Indah baik itu pantai, pegunungan dan waduk. Selain itu di Kebumen untuk penginapan, akomodasi dan lain sebagainya juga cukup murah ditambah pendunduk di Kabupaten ini juga tergolong ramah dan santun. Lalu apa saja destinasi wisata yang berada di Kebumen?

  1. Pantai Petanahan

Pantai Petanahan terletak di kecamatan Petanahan tepatnya di desa munggu. Pantai ini memberikan panorama alam yang luar biasa, bagus untuk yang suka berseluncur karena ombak di pantai ini tergolong masing tinggi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

   2. Pantai Sentro Jenar

Pantai Sentrojenar terletak di kecamatan Buluspesantren Desa sentro jenar. Pantai ini menyajikan bentang alam yang indah apalagi kalo saat sunrise dan sunset kita juga bisa menikmati kuliner baik sea food ataupun salad dengan harga yang cukup ekonomis. Di daerah pantai ini juga banyak tanaman semangka yang menambah sejuk mata dan  mengurangi kejenuhan.

   3. Pantai Menganti

Pantai Menganti terletak di Kecamatan Karang Duwur Desa Karang Duwur. Pantai ini menyajikan pasir putih yang berbeda dengan Pulau Dewata, selain hal tersebut disini kita juga dapat menikmati sea food dan makanan khas kebumen lainnya. Jika kita ingin menikmati sunset di pantai ini juga bagus dan tentunya sangat menarik untuk foto Instagram.

    4. Pantai Suwuk

Pantai Suwuk terletak di Kecamatan Puring tepatnya Desa Tambakmulyo. Di Pantai Suwuk kita juga memanjakan anak – anak kita untuk bermain di Kolam Renang Khusus anak dan mini Bioskop untuk anak – anak yang terletak diatas kolam renang di sebuah bangkai pesawat yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa.  Selain itu kita juga dapat menyusuri keindahan sungai daerah pantai suwuk dengan perahu wisata harganya juga ekonomis.

   5. Pantai Lembu Purwo

Pantai Lembu Purwo terletak di Kecamatan Mirit Desa Lembupurwo. Di tempat ini kita dapat melihat fenomena yang cukup unik karena ada cekungan air berada cukup jauh dari pantai sehingga kita jika ingin melihat pantai harus melewati jembatan bambu yang apik diantara pepohonan cemara yang rindang. Pantai ini tepat untuk para pelancong yang ingin menikmati sea food dan sunrise serta sunset karena sangat indah.

   6. Waduk Sempor

Waduk Sempor terletak di Kecamatan Sempor Desa Sempor. Di tempat ini kita dapat melihat bentang alam yang cantik di dekat bendungan air yang sangat besar. Biasanya bendungan ataun waduk ini digunakan untuk irigasi lahan pertanian tetapi juga menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Kebumen karena bentang alam yang mengelilingi waduk ini sangat indah.

  7. Pemandian Air Panas

Pemandian Air Panas terletak di Kecamatan Alian Desa Krakal.  Di tempat ini kita dapat berendam di sebuah kamar mandi yang berisi air hangat yang berasal dari alam di bak mandi yang bersih dan aman.

   8. Goa Jatijajar

Goa Jatijajar terletak di Kecamatan Ayah Desa Jatijajar. Di tempat ini kita dapat melihat peristiwa Geografi yang luar biasa dahsyat pada zaman dahulu. Konon Goa tersebut dahulu berada di dasar laut karena pergeseran lempeng bumi maka terangkat ke atas sampai saat ini.

   9. Bukit Pentulu Indah

Bukit Pentulu Indah terletak di Kecamatan Karangsambung Desa Kaligending. Tempat ini memberikan kita kepuasaan akan pemandangan alam yang indah. Seperti halnya kali biru di Yogyakarta, Bukit pentulu indah juga tidak kalah indah. Kita dapat menaiki rumah pohon dan berfoto disana.

   10. Bukit Hud

Bukit Hud terletak di Kecamatan Buayan Desa Karangbolong. Di tempat ini kita dapat merasakan sensai pemandangan alam dan laut biru yang membentang indah dari ketinggian yang luar biasa curam. Kecuraman tempat ini juga terbayarkan dengan keindahan alam yang luar biasa indah. Kita dapat berfoto dengan bagus disana dan tentunya sangat instagramabel.

  11. Jembangan

Jembangan terletak di Kecamatan Poncowarno Desa Jembangan. Di tempat ini kita dapat menggunakan sepeda air dan perahu dengan pemandangan bentang alam yang indah serta sejuk. Selain itu di sini juga ada kebun binatang mini yang terdapat beberapa binatang seperti ular, burung dan buaya. Hal yang tidak kalah penting adalah kita wajib mampir ke resto jembangan view karena ditempat ini selain kita bisa memesan makanan kita juga dapat menikmati desaign tempat seperti di luar negeri—khususnya tempat makan yang sebelah bawah, terlebih lagi jika sore hari suasana di tempat ini akan lebih romantis dengan penerangan lampu dikanan kiri dan ditemani bulan serta bintang karena. Tempat ini sangat intagramable.

Diatas merupakan beberapa rekomendasi destinasi tempat wisata alam di Kebumen walaupun masih banyak lagi tempat wisata alam yang menarik tetapi kurang terkelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen sebut saja akses jalan yang cukup sulit, petunjuk jalan yang kurang memadai dan Infrastruktur yang kurang baik. Padahal jika pemerintah ingin menggenjot pemasukan APBD bisa memaksimalkan tempat wisata yang ada di Kebumen dengan cara pengelolaan tempat yang lebih baik, perbanyak pos pengaman, tertibkan premanisme dan tingkatkan kebersihan di tempat wisata. Sejatinya ini merupakan anugerah Tuhan YME kepada Kabupaten Kebumen yang luar biasa besar, selain terkenal dengan burung waletnya Pemerintah Kebumen juga harus lebih aktif mempromosikan kepada dunia luar melalui sosial media,ataupun melakukan program visit kebumen.

Dengan objek wisata yang dapat dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah seharusnya dapat meningkatkan ekonomi rakyat setempat. Pemerintah Daerah juga bisa bekerja sama dengan swasta untuk membangun kota wisata yang memiliki keunikan tersendiri. Saya yakin Kebumen kedepan akan lebih baik jika mau berbenah dan lebih maju dengan catatan mau memaksimalkan kinerja dan kerjasama dengan berbagai elemen. Harapan saya dan mungkin juga seluruh masyarakat Kebumen, semoga kota yang kita cintai ini menjadi kota yang benar – benar maju, aman, adil dan sejahtera serta juga makin terjaga kearifan lokal masyarakat setempat.

 

Rudi Fitrianto

Pemerhati Kebijakan Publik, Politik dan Hukum

Ikuti tulisan menarik Rudi Fitrianto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu