x

Iklan

Syarif Yunus

Pemerhati pendidikan dan pekerja sosial yang apa adanya
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Lawan Hoax, Mahasiswa Unindra Luncurkan Buku Feature News

Maraknya berita hoax harus dilawan denagn memperkuat jurnalisme warga. karena itu, mahasiswa Unindra luncurkan buku karya jurnalistik

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Berita bohong atau hoax yang beredar di masyarakat tentu tidak dapat dibiarkan, bahkan harus dilawan. Caranya, dapat dilakukan dengan memperkuat jurnalisme warga khususnya di kalangan mahasiswa. Melalui jurnalistik, mahasiswa dapat merealisasikan idelisme melalui berita atau tulisan. Berangkat dari realitas tu, mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) meluncurkan buku kumpulan karya jurnalistik “Cerita Bibir Di Atas Tangan” pada Rabu, 3 Januari 2018 di Kampus Unindra Jakarta.

 

Buku ini merupakan representasi proses jurnalistik yang dialami mahasiswa melalui proses belajar, meliput, menulis, dan mempublikasikan dengan cara yang benar. Seluruh berita yang disajikan adalah hasil liputan mahasiswa berbentuk feature news.  

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

“Berita bohong atau hoax itu terjadi karena kita tidak mau mengecek atau terjun ke lapangan. Buku ini diluncurkan sebagai “perlawanan” terhadap hoax. Semua berita yang ada merupakan hasil liputan mahasiswa secara langsung. Mereka yang merasakan dan mengalami, maka jadilah “cerita bibir di atas tangan”. Berita yang disajikan dengan jujur ada di buku ini" ujar Syarifudin Yunus, dosen pengampu Jurnalistik Universitas Indraprasta PGRI.

 

Dinamika jurnalistik warga yang pesat, menuntut mahasiswa harus paham cara kerja jurnalistik, di samping harus mampu berproses sehingga menjadi terampil dalam menulis jurnalistik. Karena jurnalistik adalah media untuk berbagi peristiwa penting dan informasi yang layak diketahui publik. Melalui sikap kritis, peliputan dan reportase, mahasiswa dituntut untuk menulis fakta dengan baik.

 

Berita sebagai produk jurnalistik bukanlah aktivitas yang bersifat instan. Tapi kegiatan yang menantang  dan butuh keterampilan. Maka proses jurnalistik harus dilandasi pengetahuan yang cukup dan praktik yang memadai. Sehingga berita dapat dipertanggungjawabkan, bukan berita bohong.

 

“Buku ini menjadi potret  aktivitas jurnalistik mahasiswa yang mampu mencerdaskan dan memberdayakan informasi dan berita yang disajikan. Tidak boleh ada siasat dalam jurnalistik karena akan menyesatkan. Berbuat untuk jurnalistik itu ibarat parasut, tak akan bekerja bila tak terbuka” tambah Syarfudin Yunus.

 

Maka di era jurnalisme warga seperti sekarang, semua pihak dan mahasiswa harus peduli terhadap jurnalistik. Agar tahu teknik mengelola berita dengan benar, dari mulai meliput hingga menuliskannya. Karenanya, belajar jurnalistik tidak cukup hanya teori. Tapi butuh praktik dan terjun ke lapangan untuk menyajikan fakta secara benar.

Ikuti tulisan menarik Syarif Yunus lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB