x

Iklan

Samsul Khairuman

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Begini Sikap Puan Maharani di Tengah Korban Bencana

cara puan maharani ketika berada di tengah-tengah korban bencana

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Puan Maharani dalam beberapa kesempatan, hadir mengunjungi para korban dan pengungsi yang tidak hanya mengalami kerugian fisik, tapi juga penderitaan psikologis. Bukan hanya soal materi yang hilang, tapi juga soal jiwa yang terguncang. Bagi anak-anak, bisa jadi itu merupakan sebuah trauma yang luar biasa. Sehingga dalam posisi itu, Puan menghadirkan negara untuk secara langsung menjumpai warga yang menjadi korban.

Dalam satu momen, kita bisa melihat Puan Maharani dengan cekatan, menggunakan baju khas bermotif batik warna campuran orange dan kemerah-merahan, Puan bertemu langsung dengan masyarakat melewati jalan-jalan sisa banjir yang masih mengalir cukup deras dengan menggunakan sepatu boots warna putih selutut. Berbicara secara langsung dengan warga yang menjadi korban, memberikan semangat, termasuk komunikasi dengan anak-anak. Harapan besarnya, tentu agar para korban tetap diberi kesabaran dan kekuatan sehingga muncul kemudian resiliensi hidup yang kuat.

Biasanya, ditengah cuaca yang agak mendung, semendung hati para korban yang bingung, Puan berusaha menjadi sosok yang ingin menguatkan dan memastikan kepada mereka, bahwa semuanya akan berlalu. Dengan cara bicara yang halus, itu sangat ampuh terutama bagi anak-anak yang menginginkan komunikasi ala “keibuan”. Kedatangan Puan yang ditemani oleh pemerintah provinsi dan pemerintah kota, diharapkan menjadi contoh bagaimana semua pihak untuk secara cepat dan tanggap hadir langsung ke lokasi para korban ketika ada sebuah bencana.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Terlebih untuk Puan, darinya kita bisa melihat sosok yang apa adanya. Ia rela menunda kepulangannya ke Jakarta karena ada kepentingan yang lebih mendesak, terutama berkaitan dengan masyarakat banyak yang terdampak bencana. Bisa saja Puan telpon sana-telpon sini, apalagi melihat posisinya sebagai Menteri Koordinator, lalu berangkat ke Jakarta untuk “ngantor” dan menyelesaikan “formalitas” lain di balik meja. Tapi, Puan lebih memilih untuk berjumpa secara langsung dengan para korban karena hanya dengan itu, ia bisa tahu apa yang dirasakan secara langsung (bukan melalui laporan) dan pada saat yang bersamaan bisa memetakan apa yang harus dikerjakan dan bantuan apa yang bisa diberikan.

Cara seperti itu adalah cara cerdas, dan memang begitulah harusnya seorang pemimpin. Ia harus memutuskan berdasarkan realitas di lapangan. Puan mengajarkan kepada kita semua, bahwa tugas memimpin itu bukan dilakukan dari menara gading, tapi ia harus hadir bersama rakyat dan mendahulukan kepentingan umum untuk kepentingan pribadi, kelompok, dan golongannya. Itulah Puan Maharani.

Ikuti tulisan menarik Samsul Khairuman lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler