x

Iklan

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Babinsa Dampingi Petani Merawat Tanaman Padi

Perawatan tanaman padi merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan oleh para petani selama berlangsungnya proses produksi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Mojokerto. – Perawatan tanaman padi merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan oleh para petani selama berlangsungnya proses produksi. Perawatan tanaman padi ini harus dilakukan secara maksimal demi pencapaian hasil panen yang optimal.    

Untuk mengoptimalkan capaian panen ini, Babinsa Koramil 0815/08 Bawarblandong Kodim 0815 Mojokerto Serda Rumadi Effendi melaksanakan pendampingan sekaligus membantu petani melakukan kegiatan penyiangan tanaman padi, di lahan persawahan seluas 1,3 hektar yang ditanami padi varietas Ciherang, milik Marwan, salah satu anggota Poktan Dahlia Jingga Dusun Beru, Desa Pulorejo, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jum’at (20/04/18).

Seperti yang kita ketahui bersama, perawatan tanaman padi sangat diperlukan terutama apabila sudah tumbuh rumput di sekitar tanaman tersebut jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi itu sendiri dan akibatnya tanaman menjadi kurang subur, bahkan akan menutup pertumbuhan padi yang dapat menjadikan tanaman kurang sehat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut Serda Rumadi, salah satu tujuan penyiangan, untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara antara tanaman utama dan gulma, mengurangi hambatan produksi anakan selain itu agar sinar matahari dapat ditangkap oleh tanaman padi di bagian bawah.

“Apabila tanaman utama terbebas dari gulma maka pencahayaan sinar matahari dapat secara maksimal diserap tanaman, tandas Serda Rumadi.  

Masih tutur Serda Rumadi, memang ada sebagian pendapat yang mengatakan, rumput atau gulma yang dicabut saat penyiangan berlangsung dapat dipendam atau dimasukan ke dalam tanah di sela-sela rumpun padi, dengan harapan dapat menjadi pupuk organik yang akan menyuburkan tanaman padi itu sendiri.

Ikuti tulisan menarik Anan Alkarawangi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB