x

Iklan

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Babinsa Koramil 14/Dlanggu Bantu Pompanisasi Sawah Petani

Mojokerto. - Babinsa Koramil 0815/14 Dlanggu Kodim 0815 Mojokerto, Serka Hendra Utama mendampingi petani memasang diesel pompa air milik Poktan Mardi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Mojokerto. -  Babinsa Koramil 0815/14 Dlanggu Kodim 0815 Mojokerto, Serka Hendra Utama mendampingi petani memasang diesel pompa air milik Poktan Mardi Makmur l yang diketuai Madsayudan untuk mengairi sawah milik Ngadiran Dusun Ketangi Desa Ngembeh Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto,  Jawa Timur, Kamis  (17/05/2018).

 

Dalam beberapa pekan ini, curah hujan sangat berkurang, mengakibatkan areal pertanian yang ditanami padi di Desa Ngembeh Kecamatan Dlanggu kekurangan pasokan air. Sehingga untuk mengatasinya, para petani melakukan penyedotan air irigasi dengan menggunakan diesel pompa air, terang Babinsa.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kondisi tersebut, membuat Serka Hendra Utama tergerak untuk turun ke sawah untuk memberi motivasi sekaligus membantu petani mengairi sawah seperti yang dilakukan kali ini di sawah milik Ngadiran dengan luas satu hektar  yang ditanami jenis padi varietas Ciherang.

 

Dalam upaya mewujudkan swasembada pangan diwilayah, dirinya siap membantu mengatasi setiap kendala yang dihadapi para petani di lapangan seperti kekurangan pasokan air.  Berakhirnya musim hujan di saat memasuki masa tanam kedua tahun 2018, menjadi kendala yang dihadapi petani saat ini, tandasnya.

 

“Ketika tanaman padi mulai tumbuh menghijau kekurangan suplai air, tentunya akan sangat mempengaruhi proses pertumbuhan hingga hasil panen nanti”, ujarnya.

 

Masih di wilayah Dlanggu, kegiatan pendampingan ketahanan pangan juga berlangsung di lahan seluas 0,6 hektar milik Dani, Poktan Tani Maju, Dusun Genengan Desa Randugenengan dan di lahan seluas 0,5 hektar milik Suparjan, Poktan Karya Tani 1 Dusun Gentong Desa Talok, Jum'at (18/05)  

 

Kegiatan pengolahan lahan di kedua lokasi tersebut, menggunakan 1 unit hand traktor dan mendapat pendampingan dari Babinsa setempat, yakni Serka Jainudin dan Serka Taat Setyoko.  

Ikuti tulisan menarik Anan Alkarawangi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB

Terkini

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB