x

Iklan

Ahmad 76

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Pesan Bang Unyil di Hari Kemerdekaan Untuk Generasi Milenia

Bang Unyil mengajak segenap generasi milenial untuk meluangkan kegelisahanya demi Indonesia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Depok -- Generasi mileniallah yang dianggap akan menentukan wajah Indonesia ke depannya, bahkan dunia. Hal ini dikarenakan dalam kajian ilmu sosial, generasi millenial merupakan kelompok demografis setelah generasi X. Generasi yang terlahir antara 1980 hingga 2000.Di Indonesia, proporsi generasi millenial sekitar 34,45 persen, lebih dari sepertiga jumlah penduduk negeri ini.Dengan demikian, generasi millenial sekarang berusia 18 tahun hingga 38 tahun.

Dalam konteks Indonesia hal yang sama juga terjadi, hasil survei yang dilakukan Alvara Research Center tahun 2014 menunjukkan Generasi yang lebih muda, 15 – 24 tahun lebih menyukai topik pembicaraan yang terkait musik/film, olahraga, dan teknologi. Sementara generasi yang berusia 25 – 34 tahun lebih variatif dalam menyukai topik yang mereka perbincangkan, termasuk didalamnya sosial politik, ekonomi, dan keagamaan. Konsumsi internet penduduk kelompok usia 15 – 34 tahun juga jauh lebih tinggi dibanding dengan kelompok penduduk yang usianya lebih tua. Hal ini menunjukkan ketergantungan mereka terhadap koneksi internet sangat tinggi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Muhamad Hasbi Arinta beranggapan kehadiran generasi tersebut harus di fasilitasi agar mereka tidak salah dalam melakukan pemahaman berfikir dan aksi aksi yang tidak sesuai dengan ke Bhenekaan di Indonesia. Dari kajian beberapa peneliti, generasi millenial cenderung unik dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Keunikannya terletak pada penggunaan teknologi dan budaya pop/musik yang sangat kental.

Sementara itu, kondisi generasi millenial Indonesia saat ini masih rentan dengan pertarungan hoaks dan pelintiran kebencian. Terlebih lagi, medan kontestasi di media sosial turut mempengaruhi persepsi generasi millenial dalam membangun cara pandang serta melihat masa depan negeri ini.

Bang Unyil sapaan keseharian Muhamad Hasbi Arinta menjelaskan fakta terkait generasi milenial " generasi milenial memiliki 3 karakter utama. Creative, cenderung berpikir out of the box. Salah satu bukti yang menunjukkan adalah tumbuhnya Industri startup dan industri kreatif lain yang dimotori anak muda. Confidence, sangat percaya diri mereka berani mengemukakan pendapat, bahkan berdebat di media sosial. Connected, pandai bersosialisasi yang dilihat dari kefasihan mereka di banyak media sosial," Ucap Bang Unyil.

Bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia yang ke 73 Tahun, Bang Unyil mengajak segenap generasi milenial untuk meluangkan kegelisahanya demi Indonesia. Menjadi muda yang mampu berfikir kedepan untuk kemajuan bangsa, menjadi muda yang memiliki kepercayaan diri akan pentingnya berbangsa satu yakni bangsa Indonesia dan menjadi muda yang mampu bersosialisasi di media sosial dengan bijak tidak termakan dengan pemberitaan Hoax.

Menjadi muda adalah pilihan

Memilih untuk Berpancasila adalah keharusan

Memilih untuk ber Bhinneka adalah Kepastian

Jayalah Negeriku..

Jayalah Bangsaku......

Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia ke 73

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Ahmad 76 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler