x

Iklan

laila siska

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Korupsi dalam Pandangan Islam

Berbicara korupsi yang tak henti-hentinya terjadi, arti kata korupsi secara harfiah adalah kebusukan, keburukan, kebejatan, ketidakjujuran, dapat disuap,

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Berbicara korupsi yang tak henti-hentinya terjadi, arti kata korupsi secara harfiah adalah kebusukan,keburukan,kebejatan,ketidakjujuran,dapat disuap,tidak bermoral,penyimpan dari kesucian.

Dan korupsi juga sama dengan mengambil hak orang lain dalam keadaan sembunyi-sembunyi dalam arti tidak di ketahui oleh pemiliknya, sedangkan di dalam agama islam jika mengambil hak orang lain itu terlarang.

Di dalam Al-quran telah di jelaskan yang artinya"Dan janganlah sebagian kamu memakan harta sebagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang batil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) hartamu itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebagian dari pada harta benda orang lain dengan(jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui"(Qs.Al-Baqarah:188) dari ayat di atas menjelaskan bahwa korupsi itu tidak sangat menguntungkan sekali, akan tetapi korupsi telah membodohi,memperbudak, dan sangat merugikan sekali bagi orang lain terutama bagi diri sendiri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

seperti aksi korupsi masal oleh 41 anggota DPRD kota Malang, tak hanya itu, berbagai kasus korupsi yang behasil mengkerdil nasib kesejahteraan bangsa indonesia, membuat hati saya miris.

Timbul pertanyaan, apa yang menyebabkan terjadinya korupsi?                               

yang menyebabkan terjadinya korupsi karena adanya beberapa faktor, di antaranya faktor politik, faktor hukum, faktor ekonomi, faktor organisasi.

Dan pencegahan anti korupsi

1. perbaikan sistem, yang di maksud disini memperbaiki peraturan perundang-undangan yang telah berlaku Dll.

2. perbaikan manusia, yang di maksud disini setiap pasti tidak luput dari salah dan lupa, oleh karenanya kita sebagai manusia harus saling mengingatkan kepada kebaikan, supaya nantinya tidak terjerumus ke dalam yang tidak di inginkan. dan manusia harus menyadari kalau perbuatan yang dilakukan itu salah.

semoga tulisan yang tak sempurna ini dapat menyadarkan terutama buat saya dan para pembaca artikel ini akan pentingnya iman yang kuat, serta tingginya moral dan akhlaq dalam diri kita masing-masing, agar kita dapat dapat menjaga diri kita dari perbuatan yang telah merugikan orang lain terutama diri sendiri, aamiin.

Ikuti tulisan menarik laila siska lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Fotosintesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Kamis, 9 Mei 2024 17:19 WIB

Terpopuler

Fotosintesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Kamis, 9 Mei 2024 17:19 WIB