x

Iklan

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Motivasi Petani, Koramil Puri Kerahkan Babinsa Pendampingan

MOJOKERTO, - Dalam upaya mendukung swasembada pangan di wilayah binaan, Koramil 0815/04 Puri melalui Babinsa Serka Rizal Bastian melaksanakan pendampingan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

MOJOKERTO, - Dalam upaya mendukung swasembada pangan di wilayah binaan, Koramil 0815/04 Puri melalui Babinsa Serka Rizal Bastian melaksanakan pendampingan pengairan lahan yang ditanami jagung di Desa Kebon Agung, Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (16/10/2018). 

Pengairan lahan seluas 1,2 hektar milik Slamet, Poktan Rukun Utomo I, Dusun Sumber Sroyo Desa Kebon Agung yang ditanami jenis jagung Hibrida DK 87 berumur 60 hari, dengan menggunakan mesin pompa air.

Dijelaskan Serka Rizal Bastian, penggunaan mesin diesel pompa air dalam pengairan lahan yang ditanami jagung ini dikarenakan jaringan tersier irigasi pertanian sudah mengering, padahal tanaman  jagung yang baru berumur 60 hari, masih membutuhkan pasokan air yang cukup untuk pertumbuhan.

“Penggunaan mesin diesel pompa air ini dengan memanfaatkan sumur bor yang tersedia di ladang atau sawah seperti yang dilakukan saat ini,” terang Babinsa 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Masih di wilayah Puri, kegiatan pendampingan pengairan juga dilakukan Sertu Suwandi di lahan yang ditanami jenis jagung Hibrida DK 87, milik Mujib Poktan Tani Makmur I, Dusun Tangunan Desa Tangunan, Senin (15/10).

Selain di lokasi tersebut, pada Minggu (14/10), pendampingan juga dilakukan Babinsa Puri Peltu Tri Pemilu, dalam perawatan dan pemupukan tanaman jagung di lahan seluas satu hektar yang ditanami jagung Pionner 36 Bekisar yang berumur 38 hari, milik Sulaiman, Poktan Marsudi Tani IV, Dusun Temon Desa Puri.

Terpisah Danramil 0815/04 Puri Kapten Inf Sumiarso, saat dikonfirmasi mengatakan, para Babinsa sengaja dikerahkan untuk melaksanakan pendampingan ketahanan pangan di wilayah binaan masing-masing guna mendukung dan mensukseskan program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah.

“Dengan hadirnya Babinsa diharapkan akan menjadi pemacu semangat para petani untuk lebih giat lagi dalam mengelola lahan pertaniannya sehingga hasil panen yang dicapai lebih optimal,” ungkapnya.

Ikuti tulisan menarik Anan Alkarawangi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB