x

Iklan

Muhammad Andi Alfian

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Bahaya Hoax Bagi Generasi Muda, dan Cara Melawannya

Jadi disini saya akan membahas tentang bahaya Hoax bagi para gegerasi muda,dan bagaimana langkah-langkahnya dalam menghadapi Hoax.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

          Indonesia adalah negara yang besar ,dan dibeberapa daerah bisa dengan mudah mengakses internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru.Namun disamping itu Indonesia juga darurat terhadap berita palsu atau berita Hoax.Berita Hoax sangat meresahkan bagi generasi muda,tak tanggung-tanggung karena mudahnya mengakses berita yang tidak diketahui itu benar atau tidak,para generasi muda bisa saling tuduh-menuduh.Bisa dibayangkan jika sebuah situs yang isinya 90% Hoax berarti akan membodohi pembacanya setiap hari.Kita tahu masa remaja ialah masa dimana mereka memiliki karakter dan pikiran yang masih labil,emosional serta belum bisa berpikir dengan nalar yang baik dan belum bisa menyaring mana yang dapat menyebabkan dampak positif dan negatif untuk masa depan. Emosi dan pemikiran yang labil dapat membuat remaja mudah terhasut akan berita Hoax atau berita palsu.

            Dan apabila berita Hoax tersebut terus berkembang,maka selain kebodohan dan keresahan yang didapat genersdi muda,juga dapat terjadi pergesekan yang semakin parah diantara kunuh yang tidak terima atai kontra.Dan jika Hoax terus terjadi dapat mengakibatkan penyebaran fitnah dimana-mana,penyebaran informasi yang salah,dan dapat mengakibatkan kerugian bagi satu pihak yang sudah difitnah oleh opini negatif dan berita berita Hoax dari orang yang tidak bertanggung jawab. Sebagai generasi muda kita diharapkan tidak mudah terprovokasi dan termakan oleh berita Hoax,dan dianjurkan agar lebih berpikir jernih agar pergesekan dan perseteruan generasi muda di dunia maya tidak terjadi.Apabila Hoax terus berkembang di dunia maya dapat mengakibatkan pergesekan dan perseteruan antar generasi muda hingga ke dunia nyata bukan hanya dunia maya saja. Dan inilah langkah-langkah dalam menghadapi Hoax :

1. Cari Kebenaran Dari Sebuah Berita atau Informasi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Maksudnya,apabila ada berita pastikan dulu kebenaran berita tersebut,jangan langsung diterima mentah-mentah,misalnya link yang dibuat menyebarkan berita itu benar-benar resmi atau tidak.

2. Antisipasi Judul Berita Yang Provokatif.

Jadi sebagai generasi muda kita dianjurkan untuk menyaring berita yang judulnya provokatif,karena biasanya berita tersebut dapat mengakibatkan salah paham bagi antar generasi muda.

3. Jangan terburu-buru untuk Sharing Berita.

Jadi,sebelum kita menyebarkan berita atau informasi kepada orang lain,pastikan dulu apakah berita tersebut benar dan tidak mengakibatkan provokasi dan saling fitnah bagi para generasi muda.

4. Laporkan Pada Aparat Yang Berwenang.

Apabila berita atau informasi tersebut mengakibatkan fitnat atau provokasi bagi generasi muda,disarankan untuk melaporkan akun yang membuat berita tersebut kepada aparat yang berwajib agar menimbulkan efek jera bagi pembuat berita Hoax.

Mari sebagai generasi muda melawan dan memberantas Berita Hoax,Jangan biarkan berita Hoax dapat memecah persatuan dan kesatuan Negara Indonesia. Lawan Hoax Untuk Kemajuan Bangsa,Hidup Indonesia.

Ikuti tulisan menarik Muhammad Andi Alfian lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu