x

Iklan

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Hari Pahlawan, Bati Tuud Koramil Gondang Lakukan Ini

Mojokerto, - Peringatan Hari Pahlawan Ke-73 Tahun 2018 diperingati secara serentak di pelosok nusantara termasuk di wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mojokerto, -   Peringatan Hari Pahlawan Ke-73 Tahun 2018 diperingati secara serentak di pelosok nusantara termasuk di wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto.  Seperti yang dilakukan Bati Tuud Koramil 0815/18 Gondang Kodim 0815 Mojokerto Peltu Puguh Utomo yang menjadi Pembina Upacara dalam Peringatan Hari Pahlawan di SDN Kalikatir Desa Kalikatir Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (10/11/2018).

Hadir dalam kegiatan upacara tersebut, sekitar 150 orang, antara lain Koordinator UPT Diknas Kecamatan Gondang, Linda, S.Pd, Babinsa Kalikatir Sertu Wahyudi, Kepala SDN Kalikatir Mukram, S.Pd, beserta Dewan Guru dan Siswa-Siswi SDN Kalikatir sebagai peserta upacara.

Dalam amanatnya, Peltu Puguh Utomo selaku Pembina Upacara, diantaranya mengatakan, “Hari Pahlawan yang diperingati Bangsa Indonesia setiap tanggal 10 Nopember merupakan peristiwa besar dan bersejarah, saat itu terjadi pertempuran besar di Surabaya.  Peristiwa ini diperingati dengan tujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berkorban jiwa raga demi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Semangat rela berkorban para pejuang patut kita teladani. Nilai-nilai kepahlawanan ini patut dikenalkan dan ditanamkan kepada generasi muda selaku generasi penerus bangsa.  Terlebih para pelajar, wajib mengenal dan mengetahui sejarah para pahlawan sehingga dapat mewarisi nilai-nilai dan sikap kepahlawan, patriotisme dan nasionalisme.

Di era mengisi kemerdekaan ini, para pelajar yang yang juga generasi muda harus berbuat positif, belajar yang rajin dan tekun, harus berjuang demi meraih cita-cita sehingga kelak mampu mengharumkan nama daerah, bangsa dan negara. 

“Tentunya, tidak cukup hanya dengan menambah wawasan dan pengetahuan umum  saja, namun budi pekerti dan pendidikan akhlak harus dikedepankan, sehingga kita memiliki tata krama, sopan santun, saling menghargai, memiliki sikap hormat terhadap orang tua serta menghormati jasa para pahlawan,” tandas Bati Tuud Koramil Gondang dalam bahasa yang sederhana agar mudah dicerna para siswa.  

Pemandangan menarik, dalam upacara tersebut, para pelajar mengenakan beragam busana ala pejuang, ada busan militer / tentara lengkap dengan baret, ada juga yang berpakaian seperti polisi, dan bagi siswa yang berseragam putih-putih mengenakan pita merah putih pada tutup kepala.

Ikuti tulisan menarik Anan Alkarawangi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler