x

Iklan

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Maksimalkan Luas Tambah Tanam Koramil Puri Dampingi Petani

Mojokerto, - Guna mendukung dan mensukseskan program pemerintah dalam swasembada pangan, Koramil Jajaran Kodim 0815 Mojokerto semakin menggiatkan upaya

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mojokerto, - Guna mendukung dan mensukseskan program pemerintah dalam swasembada pangan, Koramil Jajaran Kodim 0815 Mojokerto semakin menggiatkan upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan di wilayah, tidak terkecuali Koramil 0815/04 Puri.

Upsus ketahanan pangan ini, diwujudkan melalui aksi nyata oleh para Babinsa di desa binaan masing-masing melalui kegiatan pendampingan terhadap para petani mulai penyiapan lahan hingga masa panen.

Salah satunya dilakukan Serda Yudi Setiyanto yang turun langsung ke sawah mendampingi pengolahan lahan yang dikelola Poktan Marsudi Mulyo 1 Desa Kintelan Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Ahad (06/01/2018).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hari libur bukanlah penghalang bagi Serda Yudi Setiyanto untuk membantu petani dalam mengolah lahan menggunakan satu unit traktor tangan.

Menurut Serda Yudi Setyanto, pembajakan sawah di lahan seluas 0,6 hektar milik Rozak diawali dengan penyingkalan untuk membalikan lapisan tanah agar agar sisa rumput dan jerami tertimbun lapisan tanah.

Kemudian, lanjut Babinsa, dilakukan pembajakan kedua agar tanah menjadi gembur dan melumpur dilanjutkan dengan perataan permukaan tanah menggunakan garu baik manual maupun semi mekanik sehingga sawah benar-benar siap untuk ditanami padi.

"Penyiapan lahan siap tanam di lokasi ini dimaksimalkan hari ini selesai karena bibit padi varietas Ciherang yang akan ditanami sudah disiapkan dan dalam proses pencabutan (Ndaud)," ungkapnya.

Untuk diketahui, dalam pekan ini kegiatan pendampingan ketahanan pangan tidak hanya di Desa Kintelan, namun berlangsung juga di Dusun Kedung Klotok Desa Plososari dan Desa Tampungrejo dengan didampingi Babinsa masing-masing yakni Sertu Imran dan Serma Sugeng.

Ikuti tulisan menarik Anan Alkarawangi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Semangat

Oleh: Malik Ibnu Zaman

7 jam lalu

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu