x

Iklan

Bella Julianti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Posisi Tidur yang Aman dan Nyaman Setelah Melahirkan

untuk mengembalikan stamina tubuh, tidur yang cukup adalah salah satu istirahat yang terbaik yang akan sangat diperlukan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menjalani peran sebagai seorang ibu baru membawa banyak perubahan yang cukup signifikan pada diri seorang perempuan. Selain mengandung si kecil selama sembilan bulan lamanya dengan banyak drama yang dijalani, kini ibu di hadapkan pada proses persalinan yang cukup menyiksa.

Rasa sakit dan kontraksi seringkali menjadi momen yang paling mendebarkan dari menanti kehadiran si buah hati ke dunia. Ya, melahirkan adalah sebuah proses melelahkan yang menguras banyak energi. Apalagi untuk ibu yang menjalani proses melahirkan melalui operasi caesar.

Setelah proses persalinan ini tubuh ibu akan perlu beristirahat dengan baik untuk mempercepat pemulihan. Nah, untuk mengembalikan stamina tubuh, tidur yang cukup adalah salah satu istirahat yang terbaik yang akan sangat di perlukan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Akan tetapi, hal ini seringkali terganggu sebab bekas luka yang ditimbulkan setelah melewati persalinan seringkali membuat ibu merasa tidak nyaman. Untuk itulah, di bawah ini mari kita simak posisi tidur yang aman dan nyaman setelah melahirkan.

Tidur dengan Posisi Telentang

Posisi tidur pertama yang baik dan di sarankan untuk ibu yang baru saja melalui proses persalinan adalah dengan tidur telentang. Setelah usai persalinan biasanya bagian payudara dan bagian vital ibu akan cenderung mengalami rasa sakit yang cukup parah. Tidur dengan posisi tengkurap akan mungkin membuat ibu menekan kedua bagian payudara.

Maka dari itu, temukan posisi yang lebih nyaman sehingga bagian payudara anda tidak terlalu tertekan dengan berlebihan. Nah, tidur dengan posisi telentang adalah posisi yang paling nyaman.

Bagian perut, bagian vital atau pun bagian sayatan bekas operasi bagi anda yang melalui proses melahirkan dengan cara operasi caesar maka bagian ini tidak akan tertekan terlalu kuat. Sehingga posisi ini pun akan dapat mengurangi rasa nyeri.

Sementara itu, bagi anda yang masih mengalami pendarahan maka sebaiknya simpan bantal di bawah lutut untuk menahan bagian ini. Sayangnya, pada posisi ini and akan mungkin kesulitan untuk bangun, terutama untuk anda yang menjalani operasi Caesar bekas luka akan mungkin tertekan.

Nah, untuk mengatasi permasalahan ini maka anda bisa bangun dengan perlahan dan tempatkan terlebih dahulu bantal di bawah lutut kemudian mundurkan badan perlahan dan bangun dengan hati-hati.

Tidur Menyamping

Posisi tidur selanjutnya yang dianjurkan untuk ibu yang baru saja melahirkan adalah dengan posisi menyamping. Akan tetapi, satu hal yang perlu di perhatikan dari posisi ini adalah bokong anda perlu tetap menyamping.

Jangan pula terlalu mencondongkan bagian tubuh ke belakang sebab posisi ini akan mungkin menekuk bagian perut ke bagian depan. Untuk menahan punggung agar tetap terasa nyaman maka anda akan dapat menggunakan bantal pada bagian ini.

Sementara bagian tangan akan dapat di gunakan sebagai bantalan pada bagian kepala. Atau mungkin anda akan dapat menempatkannya di depan dada untuk memudahkan anda ketika nanti bangun. Posisi ini akan membuat bagian perut, payudara dan miss V tidak terlalu tertekan dengan kuat.

Tidur dengan Bantal Lebih Tinggi

Posisi tidur terakhir yang dianjurkan adalah tidur dengan posisi bantal lebih tinggi. Anda bisa menumpuk beberapa bantal untuk menahan tidur anda pada posisi ini. Pada posisi ini anda akan nampak seperti nyaris duduk sehingga tidur dengan posisi ini akan membuat sistem pernapasan menjadi lebih lancar. Anda pun akan tentu merasa nyaman ketika menggunakan posisi yang satu ini. 

Ikuti tulisan menarik Bella Julianti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu