x

Iklan

uzi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Macam-macam Galaksi di Alam Semesta dan Penjelasannya

Galaksi ialah sekumpulan bintang yang membuat satu sistem, terdiri atas lebih dari satu benda angkasa yang memiliki ukuran besar serta dikelilingi oleh...

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pengertian serta jenis macam Galaksi cukuplah menarik untuk dibicarakan, khususnya untuk Anda yang suka pada beberapa soal yang menyangkut kehidupan luar angkasa.

Luasnya langit serta beberapa benda yang tersebar di sekelilingnya terkandang membuat kita ingin tahu serta ingin mencari tahu apakah pemahaman dari galaksi serta ada berapakah jenis galaksi dalam dunia ini.

untuk Anda yang tertarik untuk tahu, luangkanlah sesaat waktu Anda untuk membaca rincian singkat sekitar galaksi yang berada di jagad raya yang maha luas ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Penjelasan dan macam-macam galaksi di alam semesta serta penjelasannya Galaksi adalah himpunan dari bintang-bintang yang satu skema yang terbagi dalam satu atau lebih benda luar angkasa yang ukurannya besar serta dikelilingi dengan beberapa benda angkasa yang lainnya menjadi anggotanya serta berjalan mengitarinya secara teratur.

Galaksi di jagad raya ini banyaknya cukuplah banyak, serta salah satunya galaksi yang palir popular ialah galaksi Milky Way (galaksi bima sakti) yang adalah bumi tempat kita berdasar sekarang ini.

Pada dasarnya galaksi dibagi jadi 4 bentuk galaksi, yakni :

1. Galaksi berwujud spiral

Bentuk galaksi ini seperti kincir atau roda yang mempunyai lengan-lengan yang berupa spiral yang keluar serta seakan berkejar-kearan dari pokok galaksi yang jelas. Galaksi berupa spiral adalah bentuk yang paling banyak di luar angkasa, diprediksikan seputar 60% galaksi berupa spiral.

2. Galakasi Berpalang

Bentuk galaksi yagn satu ini seakan mempunyai lengan-lengan yang sisi ujunya berupa memanjang, apabila dilihat maka bentuk dari galaksi spiral berpalang ini seperti membuat huruf S, serta diprediksikan jumlahnya galaksi berpalang ini seputar 18%.

3. Galaksi berwujud Elips

Bentuk galaksi ini bundar serta cukup lonjong seperti elips, banyaknya seputar 18% dari semua jumlahnya galaksi yang ada.

4. Galaksi yang memiliki bentuk tidak teratur

Bentuk galaksi tidak teratur mempunyai bentuk yang tidak membuat satu skema spesifik, jumlahnya galaksi tidak teratur seputar 4% dari semua galaksi yang ada dalam dunia.

10 Jenis Galaksi yang Ada di Dunia

Sesudah tahu pemahaman serta bentuk-bentuk galaksi, jadi setelah itu tahu 10 jenis galaksi yang ada dalam dunia, walau peluang ada banyak kembali beberapa macam galaksi yang berada di jagat raya ini. di bawah ini 10 jenis galaksi yang ada dalam dunia, yakni :

1. Galaksi Magellan

Berjarak seputar 150 ribu tahun sinar dari galaksi bima sakti, serta adalah galaksi terdepat dengan bumi,

2. Galaksi Andromeda

Berjarak sekitara 2 uta tahun sinar dari galaksi Milky Way (bima sakti), mempunyai bentuk seperti lensa atau lilin, termasuk juga menjadi salah satunya galaksi yang berupa spiral, pusatnya begitu jelas, dikelilingi oleh beberapa bintang yang berwarna pink atau merah jambu.

3. Galaksi Dolar Perak (Silver coin)

Berjarak sekitara 13 juta tahuan sinar dari galaksi Bima Sakti serta berupa pipih.

4. Galaksi Roda bitu (Blue Pin Wheel)

Berjarak seputar 2 tahun sinar dari bumi, memiliki bentuk seperti spiral kecil.

5. Galaksi Pusaran Air

Jaraknya seputar 14 juta tahun sinar dari galaksi bima sakti, di bagian pokok galaksi ada bintang yang begitu jelas serta memiliki bentuk tidak teratur.

6. Galaksi Ursa Mayor

Berjarak sekitara 10 juta tahun sinar dari bumi dengan bentuk elips serta begitu rapat.

7. Galaksi Sombrero

Berjarak seputar 28 juta tahun sinar dari galaksi Milky Way (bima sakti), berupa spira, serta lingakran luarnya terlihat besar layaknya seperti topi sombrero ciri khas negara Mexico. Berada di formasi bintang virgo.

8. Galaksi Supernova

Berupa seperti cincin dengan lusinan benda angkasa jelas, di mana ada pecahan bintang yang begitu jelas serta diprediksikan berumur 400 tahun.

9. Galaksi The Whir Pool Galaxy

Berjarak sekitara 234 juta tahun sinar dari galaksi bima sakti, memiliki bentuk spiral, serta bisa disaksikan dengan memakai teropong biasa.

10. Galaksi Mata Hitam (Black Eye)

Berjarak seputar 17 juta tahun sinar dari galaksi Milky Way (bima sakti), memiliki cincin kabut yang cukup gelap, namun mempunyai pokok yang jelas serta berupa spiral.

referensi: kopi-ireng.com

 

Mudah-mudahan rincian singkat di atas bisa meningkatkan pengetahuan Anda sekitar pemahaman serta jenis macam Galaksi.

Ikuti tulisan menarik uzi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu