Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Passion adalah Kunci Kehidupan - Urban - www.indonesiana.id
x

Indri Puji Lestari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Passion adalah Kunci Kehidupan

    Untung aku jurusan Jakarta-Garut~~

    Dibaca : 1.693 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Ketika memasuki jenjang perkuliahan, tak jarang kamu akan merasa galau ketika memilih jurusan. Karena bingung, pada akhirnya kita mengikuti keinginan orang tua. Pas udah kuliah eh, eh, eh malah bolos kelas, malas belajar, bahkan menghindari tugas. Rasa-rasanya, ini semua merupakan pertanda yang jelas bahwa kamu… Salah jurusan!!!

    But, hey tunggu dulu. Semua itu bisa dihindari kok kalau kita sudah tahu sebenarnya passion kita itu terletak dimana. Tapi bagaimana untuk yang belum tau? Tenang… berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui jurusan yang kamu mau sesuai dengan passion.

    1. Temukan Minat!

    Buat daftar detail yang mencakup aktivitas, gaya hidup, lingkungan, benda dan hal-hal lainnya yang menjadi daya tarik bagimu. Hal ini bisa meliputi apapun, mungkin saja drama korea kesukaan kamu bisa menjadi awal dalam mencari minat kamu!

    2. Peluang di Masa Depan

    Imajinasikan dirimu untuk berada dalam suatu kondisi dan keadaan lingkungan pekerjaan yang sesuai dengan minatmu. Bayangkan dimana kamu ingin bekerja setelah lulus kuliah, pekerjaan apa yang ingin kamu tekuni. My lov~ Kalau dulu semasa aku berkuliah ada yang namanya Job Fair dan Alumni Career Center yang memfasilitasi mahasiswa lulusan untuk mencari pekerjaan, dan itu ada di Universitas Pelita Harapan.  Jadi pastikan di tempat kamu berkuliah nanti, ada tempat dimana kamu di fasilitasi peluang karier masa depan yaaa.

    3. Sadari Potensimu!

    Kenali lebih dalam potensi dirimu, skill dan apa yang menjadi kekuatanmu, kelemahanmu, bagaimana caramu bertindak/ berpikir? Kemudian selaraskan itu semua dengan minat dan motivasi. Jadi pastikan di tempat pilihan kamu berkuliah nanti, ada tempat yang juga mengasah potensi kamu di luar kelas. Di tempat aku berkuliah dulu yaitu di Universitas Pelita Harapan, ada departemen yang mewadahi potensi dari mahasiswa-mahasiswa yang dinamakan dengan Student Life. Di Student Life, kamu akan menemukan hobi baru dan juga menumbuhkan talenta diri kamu.

    4. Get insight

    Ikuti berbagai macam kegiatan seperti seminar/ pelatihan dan pameran pendidikan, dan luangkan waktu bertemu orang-orang yang menginspirasi. Dengan hal ini, kamu bisa belajar atau mendengar pengalaman orang lain dan mengetahui gambaran dari jurusan yang kamu ingingkan. Kamu bisa mengikuti berbagai macam Open House yang diadakan di berbagai universitas untuk mengetahui jurusan dan lingkungan kampus kamu nanti.

    5. Be original

    Belajar menjadi diri sendiri, jangan sekedar ikut-ikutan teman atau gengsi semata. Tapi benar-benar sesuaikan dengan minat, motivasi, peluang dan kompetensi-mu. Pastikan cari kuliah yang bisa membuat kamu berkembang dan bertumbuh secara akademis dan non akademis.

     

    So, tunggu apa lagi my lov~ Udah engga ada yang perlu di khawatirkan lagi kan~ Yuk segera daftar kuliah! Biar dapet diskon early discount hehe…

    Ikuti tulisan menarik Indri Puji Lestari lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.