x

Iklan

vini lina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Menghentikan Sariawan yang Menganggu & Pencegahannya

Cara ampuh mengobati sariawan secara alami dan menghindari timbulnya sariawan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sariawan biasanya menganggu daerah mulut 1 hingga 2 minggu, dengan adanya sariawan ini seperti ada ganjalan dan sariawan ini juga membuat salah satu penyebab mulut bau. Sariawan dapat terjadi di daerah gusi, langit-langit mulut, bibir dan di tepi bibir, dimanapun tempatnya yang pasti membuat orang tidak nyaman.

Sariawan juga menjadi salah satu petanda tubuh memberikan signal, kondisi tubuh terlalu letih namun asupan vitamin kurang, kedua perpaduan dari kedua kondisi ini membuat timbulnya sariawan. Dan untuk para wanita, pergolakan hormon pasti terjadi setiap bulan apalagi menjelang mens, ini juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya sariawan.

Cara cepet untuk membuat sakit karena peradangan dari sariawan ini ada beberapa cara, seperti:

  • Kumur air garam, garam ini dapat berfungsi sebagai antiseptik yang dapat mematikan kuman. Sariawan timbul karena bakteri dan kuman pada daerah mulut, dan kumur air garam ini sangat membantu untuk meredakan rasa sakit yang ada. Kumur air garam juga ampuh untuk mereka yang sedang sakit gigi atau sakit gusi.
  • Kumur dengan obat kumur, obat kumur ini juga berguna untuk menghilangkan kuman area mulut sehingga mengurangi bau mulut yang ditimbulkan karena kuman. Sama dengan kondisi sariawan pada mulut yang disebabnya bersarangnya kuman pada area mulut.
  • Es batu, kompres es batu berguna untuk membuat rasa bengkak karena peradangan lebih mereda.

Selain 3 hal tersebut, sariawan ini timbul karena kondisi dalam tubuh yang kurang fit maka dapat dibantu dengan asupan-asupan agar pemulihan sariawan lebih cepat, makan makanan berserat seperti: sayur dan buah-buahan sangat membantu. Serta menghindari makanan pedas atau asam untuk sementara.

Untuk menghindari kuman berkembang biak, pastikan menyikat gigi dengan bersih untuk sebelum tidur, setelah makan terutama makanan asam dan manis agar bakteri tidak semakin meningkat pada area mulut.

Ikuti tulisan menarik vini lina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB